InspirasiNasionalTerkini

Acep Azhari Diundang ke KTT Inovasi Helsinki Finlandia

DEBAR .COM.-DEPOK- Kota Depok sekarang boleh berbangga diri karena dapat menjadi salah satu dari 100 kota di dunia yang mendapatkan perhatian bagi kalangan dunia pendidikan setelah berhasil menciptakan Aplikasi Parents Up. Pasalnya, Acep Azhari yang merupakan tokoh Pendidikan dan Pengusaha Depok mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Inovasi HundrED di Helsinki, Filandia, mulai 6 hingga 8 November 2019 lalu.

“HundrED adalah organisasi yang berbasis di Finlandia, selalu mencari dan berbagi inovasi yang menginspirasi dalam pendidikan di seluruh dunia. Alhamdulillah…Saya merasa terhormat dan sangat bersyukur dapat mengikuti secara langsung setelah mendapatkan undangan khusus dalam KTT Inovasi HundrED di Helsinki, Filandia,” tutur Acep Azhari, selaku pencetus Parents Up atau Aplikasi Pertama Bidang Pendidikan di Indonesia, Kamis (14/11/2019).

Kehadiran atau keberadaan inovasi Parents Up salah satu aplikasi pertama di Indonesia yang dicetuskan di Kota Depok ternyata mendapatkan perhatian khusus kalangan dunia pendidikan di manca Negara sehingga mendapatkan undangan khusus mengikuti KTT Inovasi HundrED di Filandia yang diikuti sekitar 100 kota dari seluruh dunia.

“KTT Inovasi HundrED di Kota Helsinki, Filandia tentunya menjadi kehormatan bagi saya untuk melihat dan berdiskusi secara langsung dengan organisasi pendidikan se dunia berkaitan dengan mencari inovasi baru untuk dunia pendidikan di masa mendatang khususnya di era teknologi yang semakin canggih serta berkembang setiap saat,” paparnya.

Konfrensi Internasional ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk berbagi ide dan merayakan karya luar biasa dengan banyak inovator global. Dirinya mengatakan, inovasi ini berawal dari sebuah keinginan agar pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah, terlebih kurikulum membangun karakter peserta didik sangat mengharapkan keterlibatan dan peran aktif orang tua.

“Karena kesulitan duduk bareng secara rutin antara guru dengan para orangtua murid maka tercetuslah ide untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bernama ‘Parents Up’ yang merupakan Aplikasi pertama di Indonesia. Lahir di Depok melalui riset dan uji coba dengan ribuan siswa. Pihak hundED Finlandia akan memperkenalkan aplikasi ini ke 100 negara yang tergabung di dalamnya,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, pendidikan meningkatkan daya saing kota dan menciptakan vitalitas dan budaya. Hal ini diwujudkan dengan memberdayakan sekolah Negeri dan Swasta sebagai pusat pendidikan yang inovatif dan pengembangan pelatihan menjadi bagian reformasi belajar dari sudut pandang pedagogis.

“Kolaborasi yang saya bangun dengan ahli IT, Ahli Pedagogi dan Ahli Psykolog serta Profesional Startup, semua putra Depok telah sukses melahirkan inovasi yang di akui dunia,” jelasnya yang berharap Pendidikan berbasis Fenomena harus mampu memprediksi dan merespon perubahan yang semakin cepat dalam masyarakat dan pasar tenaga kerja.

Dirinya menambahkan, Parents Up memposisikan masyarakat atau orang tua menjadi pendidik utama terhadap generasi yang dibanggakan. “Saya persembahkan Aplikasi Parents Up untuk kemajuan pendidikan khususnya di kota Depok dan umumnya untuk Dunia. Dengan demikian saya sangat yakin Depok akan mudah dibawa menjadi kota berpengaruh di tingkat nasional dari bidang pendidikan dan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Usai mengikuti acara di Finlandia, Acep Azhari yang di dampingi oleh Didi Diarsa menyambangi negara Estonia. Dimana negara ini memiliki banyak bertumbuh Ekonomi Kreatif, Start Up serta munculnya unicorn unicorn kelas dunia yang mampu mengalirkan investasi masuk dan berdampak pada bangkitnya perekonomian mereka. (AA/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close