RagamTerkini

Andilan Tradisi Depok Yang Harus Dipertahankan

DEBAR.COM.-DEPOK- Andilan atau Tabungan Arisan merupakan sebuah tradisi warga Depok yang harus tetap dipertahankan untuk sebuah kebersamaan. Andilan biasanya dilakukan dua (2) hari sebelum menjelang sholat Idul Fitri ada pemotongan hewan kerbau yang disebut dengan ‘Andilan’.

Tabungan arisan ini dikumpulkan bersama sama untuk pembelian seekor atau beberapa ekor kerbau. Yang mana dalam pemotongannya pun diikuti atau disaksikan bersama sama.

“Disinilah nilai silaturrahmi dapat tumbuh rasa kebersamaan satu dengan yang lainnya. Tidak ada yang merasa hebat atau tidak ada yang merasa diatas, ” ujar Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna yang didampingi H. Acep Al Azhari belum lama ini.

Sedangkan H. Acep Al Azhari mengungkapkan, Andilan merupakan tradisi warga Depok yang harus dipertahankan. Tradisi ini harus diturunkan dan diperkenalkan ke anak dan cucu kita agar tetap terjaga kelestariannya sepanjang zaman.

“Sangat tinggi nilai kebersamaan yang mengikat silaturrahim antar warga Depok dalam Andilan sekaligus juga tradisi ini sebagai wujud ekonomi gotong royong yg sudah di praktekan oleh para orang tua kita sejak dulu. Semoga Tradisi Andilan ini tetap berkembang seiring perkembangan zaman,” pungkas Acep.

Senada Ketua KOOD Kota Depok ahmad Dahlan juga sangat mendukung sekali gagasan agar Tradisi Andilan terus dihidupkan. “Sangat setuju sekali saya dengan Tradisi Andilan agar terus dihidupkan dan diperkenalkan oleh generasi penerus di Depok,” pungkasnya. (ADLLY/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close