InspirasiRagamTerkiniUMKM

Bang H. Acep: UMKM Penentu Kekuatan Ekonomi Depok

DEBAR.COM.-DEPOK- Sebagai pintu gerbang Ibu Kota DKI Jakarta dan juga halaman belakang provinsi Jawa Barat, Kota Depok akan terus bertumbuh. Pertumbuhan jumlah penduduk harus di imbangi dengan pertumbuhan sektor ekonomi. Hal itu dibenarkan pelaku ekonomi dan Pendidikan H. Acep Al Azhari. Menurutnya di Depok ada dua kategori usaha yakni besar serta mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kelompok UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian di Depok.

“Kalau diprosentasekan sebanyak 97,43 % pelaku UMKM di Depok. Artinya, dari sisi penyerapan tenaga kerja lebih banyak di sektor UMKM,” ujar Bakal Calon Wakil Wali Kota Depok, Sabtu (05/10/2019).

Bang H. Acep biasa disapa mengungkapkan, dengan banyaknya pelaku UMKM di Depok menjadi solusi bagi pengangguran. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Kota Depok tahun 2018 menunjukkan angka pengangguran di Depok mencapai 6,68% atau sekitar 73.000 orang. Untuk itu, lanjutnya, dengan memberikan perhatian pada UMKM diharapkan bisa memperkuat ekonomi Depok.

“Anda (pelaku UMKM-red) adalah penentu kekokohan ekonomi dan solusi pengangguran dikota ini,” katanya.

Menurutnya berdasarkan data sensus Ekonomi tahun 2016 di Depok telah menunjukkan jumlah usaha dan serapan tenaga kerjanya. Ia mengungkapkan, jumlah usaha menengah atau besar di Depok sebanyak 4.178 perusahaan (2,57 %) dengan serapan tenaga kerja sebanyak 102.908 orang (25,12 %). Sedangkan, untuk usaha mikro/kecil sebanyak 158 210 (97,34%) dengan serapan 306.719 pekerja (74,88 %).

“Ini menunjukkan bahwa pelaku usaha mikro atau kecil lebih banyak dibandingkan usaha besar. Kita optimis jika sektor UMKM serta ekonomi kreatif lainnya di dukung melalui perijinan, pemenuhan kebutuhan infrastruktur dan penyediaan internet berlimpah akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menjadi sumber PAD yang luar biasa serta bisa mengurangi angka pengangguran,” tandasnya. (AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close