RagamTerkini

Belimbing Dewa Bisa TIga Kali Panen Dalam Setahun

DEBAR.COM.-PANCORAN MAS, DEPOK- Depok punya buah khas yang juga jadi ikon kota yakni Belimbing Dewa. Belum banyak yang mengetahui kalau di Depok ada kebun belimbing yang jadi kawasan agrowisata.

Kebun belimbing milik warga Depok ini bisa jadi area piknik sekaligus panen dan menikmati segarnya belimbing yang matang pohon.

Salah satu perkebunan belimbing yang bisa disambangi yakni di kawasan Pancoran Mas, Depok. Gang H. Nisan, di dalam jalan ini bisa ditemui banyak kebun belimbing yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat.

Bayong salah satu warga yang memiliki kebun belimbing. Di lahannya, ia menanam kurang lebih 20 pohon belimbing produktif. Menurutnya, jumlah pohon ini relatif sedikit dibandingkan petani kebun lain yang punya lebih banyak pohon belimbing.

“Di sini memang kebunnya belimbing. Kalau masuk lagi ke sana makin banyak, makin luas. Dikelola warga aja, itu tanah hak guna gitu dimanfaatin buat kebun belimbing,” kata Bayong, Senin (23/11/2020).

Dikatakan Bayong, dalam setahun, kebun ini bisa panen belimbing hingga 3 kali. Artinya, buah dengan nama latin Averrhoa carambola ini bukanlah buah musiman.

Setelah belimbing matang, akan dipanen serentak. Tak lama kemudian akan tumbuh kembali bunga yang menjadi calon buah belimbing berikutnya. Siklus ini berlangsung sepanjang tahun.

Dalam sekali panen, kebun Pak Bayong bisa menghasilkan hingga 2 ton belimbing. Pak Bayong juga mempersilahkan bagi siapapun yang ingin mampir ke kebunnya untuk panen ataupun sekedar mencicip buah belimbing.

“Disini belimbingnya baru dipanen minggu lalu, jadi udah pada abis yang mateng-mateng dan bagus. Mungkin nanti Desember baru berbuah lagi,” pungkasnya. (HAN/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close