InspirasiPendidikanRagamTerkini

Berharap Dari Depok Lahir Animator Mendunia

DEBAR.COM.-PANCORAN MAS, DEPOK- Industri kreatif di Indonesia memberi peluang yang menjanjikan. Salah satunya Dunia Animasi, baik dalam wujud permainan (games), maupun film cerita.

Manisnya bisnis di dunia tersebut telah dirasakan H. Rangga Yudo Yuwono. Dalam pelatihan Jurnalistik dan Animasi di aula Kantor Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (05/12/2018), animator kondang pendiri Dapoeranimasi Academy ini mendorong agar mereka yang hobi nonton film, main games atau gemar photography terjun di industri kreatif sebagai animator.

“Bagi yang hobby menulis pun bisa,” ujarnya dihadapan 100 peserta pelatihan Jurnalistik dan Animasi yang diselenggarakan oleh media cetak DepokPembaharuan (Debar).

Semua hobby itu, tuturnya, bisa dieksplor atau dikembangkan di dunia animasi. Penyuka games jangan sebatas bermain saja, tapi harus bisa membuat permainan baru. Penggemar photography bisa menjadi photo director. Yang suka menulis, lanjutnya, bisa menjadi penulis cerita yang kelak disampaikan dalam bahasa gambar.

“Dunia animasi membutuhkan tenaga-tenaga yang memiliki kegemaran seperti itu,” jelas Rangga.

Dirinya mengawali karir di bidang animasi melalui dunia advertising dan broadcast. Master desain dri ITB ini, hingga sekarang, meniti karir di salah perusahaan animasi terkemuka di Malaysia.

“Tapi perusahaan saya membuka cabang di Indonesia sehingga saya tidak harus di sana,” paparnya.

Untuk memasuki dunia animasi, lanjutnya, selain punya kegemaran yang kreatif tapi juga punya pasion. “Pasion ini bukan sekadar suka, tapi di atasnya suka. Artinya kalau sudah benar-benar suka dunia ini, bisa lupa segala-segalanya,” Rangga melukiskan kerja di industri kreatif.

Dia berharap, pelajar peserta pelatihan jurnalistik mempersiapkan diri untuk masuk ke industri kreatif. Bila ada yang hendak menekuni dunia animasi, dia menyarankan menimba ilmu di Depok Animation Center (DAC), yang didirikan oleh H. Acep Al Azhari yang juga Ketua BMPS Kota Depok dan Pimpinan Umum Depok Pembaharuan (Debar. (WIN/Debar).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close