InspirasiRagamTerkiniUMKM

BJB Cabang Depok Bakal Kucurkan 10 Miliar Untuk Beli Mesin Cetak Batik dan Air Mineral

DEBAR.COM.-DEPOK- Perajin batik dan pengusaha minuman kemasandi Kota Depok bakal mendapatkan dana segar miliaran rupiah dari Bank BJB Cabang Depok.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Komunitas Pengusaha Depok (DEKADE) H Acep Al Azhari yang akrab disapa Bang Hacord, kucuran dana ini untuk menyukseskan dan menggeliatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Depok.

“Ada dua kegiatan yang dinilai memiliki potensi meningkatkan UMKM,  yaitu pembuatan batik dan air kemasan mineral. Rencananya UMKM ini yang bakal dibantu untuk membeli mesinnya,” tutur Kepala BJB Cabang Depok Ade Muhammad usai bertemu dengan Ketua DEKADE Depok H. Acep Al Azhari di rumah makan Gabus Pucung,  Kelurahan Grogol, Depok, Rabu (28/08/2019).

Dikatakan Ade, melihat home industri batik dan air kemasan mineral memiliki potensi meningkatkan usaha kecil di sejumlah kelompok UMKM Depok. “Ya kami siap mengucurkan dana investasi dan bantuan permodalan tersebut,” ujarnya.

Capai 10 Miliar

Sementara itu, Ketua DEKADE Kota Depok,  H. Acep Al Azhari atau Bang Harcord,  mengakui hasil silahturahmi dengan Kepala BJB Cabang Depok Ade Muhammad dan jajarannya membuahkan hasil  yang mengembirakan.

Yaitu BJB Depok siap menginvestasikan dan membantu home industri batik dan air kemasan mineral di Depok khususnya yang tergabung  di DEKADE.

“Dana untuk dua kegiatan tersebut diperkirakan mencapai Rp 10 miliar,” tuturnya untuk membeli dua mesin sebagai penunjang memproduksi batik dan air kemasan mineral sehari hari.

Sementara Pengurus Komunitas Batik Depok (Kombad), Ratna menyambut baik adanya wacana pembelian mesin pencetak batik. Dirinya mengatakan selama ini produksi batik memang menggunakan alat cap dan kerajinan tangan saja. Kehadiran mesin cetak batik tentunya lebih difokuskan untuk memproduksi batik untuk sekolah yang membutuhkan.

“Pastinya akan bermanfaat sekali buat kami selaku pelaku pembatik, artinya roda perekonomian bisa setuhnya berputar di Depok,” pungkasnya. (AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close