RagamTerkiniUMKM

BNI Depok Beri Kemudahan Kredit Pelaku UMKM Depok

DEBAR.COM.-DEPOK- Masa Pandemi Covid-19 membuat para pelaku usaha terpuruk bahkan gulung tikar. Dalam kondisi tersebut, pihak perbankan masih memberikan kebijakan yang berpihak kepada pelaku UMKM. Hal itu dibenarkan Pimpinan BNI Cabang Margonda Kota Depok Wahyudi. Menurutnya, masa Pandemi semua sektor terpengaruh salah satunya UMKM.

“Biasanya UMKM menikmati fasilitas KUR. namun dalam kondisi seperti ini banyak yang terdampak. Berdasarkanan kebijakan BI memberikan rileksasi atau memperingan angsuran. Melalui Restrukturisasi kredit,” ujar Wahyudi, Jumat (27/11/2020).

Wahyudi mengatakan, melalui kebijakan tersebut diharapkan juga bagi UMKM tetap tumbuh di masa Pandemi. Ia melihat, saat ini masih belum banyak UMKM yang mengajukan kredit di BNI Depok. Salah satu penyebabnya masih belum banyak yang mengenal tentang kredit di Perbankan.

“Mereka masih mengambil langkah yang aman. Kita punya program untuk mengedukasi dalam pengelolaan uang. Sebab, UMKM kita itu dalam pengelolaan keuangan masih lemah. Kalau lagi banyak, tidak dikelola dengan baik. Sehingga, kondisi seperti ini bisa turun atau sampai tutup. Kita ingin UMKM terintegrasi, sehingga saat ada kebutuhan terintegrasi juga,” ungkap Wahyudi.

Sementara itu, Wirausahawan Kota Depok H. Acep Azhari menyambut baik pihak perbankan yang memfasilitasi para pelaku UMKM di Depok. Menurutnya, potensi UMKM di Depok sangat potensial berkembang. “Dengan pengelolaan yang baik, tidak hanya mengisi pasar di Depok. Tapi juga, di Jakarta dan Nasional,” kata H. Acep yang juga Owner RM. Bakoel Samara dan RM. Gabus Pucung.

Salah satu tujuan restrukturisasi utang ini menyasar pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pasalnya, merupakan bagian masyarkat paling terdampak akibat pandemi tersebut. POJK 11/2020 menjelaskan debitur yang mendapatkan perlakuan khusus dalam POJK ini adalah debitur termasuk debitur UMKM yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban pada Bank karena debitur atau usaha debitur terdampak penyebaran Covid-19 baik secara langsung ataupun tidak langsung. (AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close