InspirasiRagamTerkini

CELOTEH BOCAH DEPOK: ‘Awas! Hanya Menghamburkan Uang Saja’

DEBAR.COM.-DEPOK- WACANA untuk menghidupan kembali jalur sepeda di sepanjang Jl. Raya Margonda yang sempat ‘mati suri’ selama lebih dari empat tahun ini kembali digaungkan dengan niatan agar masyarakat Kota Depok kembali menggunakan sepeda dari kendaraan bermotor sebagai salah satu upaya mengurangi emesi gas karbon yang semakin parah di Kota Depok memang perlu diajungin jempol dan didukung seluruh lapisan masyarakat.

Bagaiaman tidak kondisi kemacetan sudah begitu parah di Kota Depok terlebih di ruas jalan utama yang ada khususnya Jl. Raya Margonda sebagai salah satu jalan utama… Namun wacana untuk membangkitkan kembali program ‘jalur sepeda’ yang kini hampir sebagian garis jalur sudah punah dan menghilang perlu ada pemikiran lebih matang lagi agar tidak percuma atau sia sia memhaburkan anggaran ratusan juta rupiah….

Merevitalisasi untuk jalur sepeda yang sempat dipergunakan saat era mantan Wali Kota Nur Mahmudi Ismail tentunya perlu dikaji dan dipikirkan secara matang oleh jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok sehingga tidak terkesan hanya hangat hangan tahi ayam yang ujung ujungnya hanya menghaburkan anggaran ratusan juta rupiah saja untuk membuat cat jalur sepeda, menambah rambu dan lainnya…..

He he he..Celoteh Bocah Bocah Depok… Cuma mengingatkan saja.. Masih banyak yang perlu dibenahi sebelum merevatilisasi jalur sepeda yang sudah ‘mati suri’ tersebut seperti penambahan rambu, pengecatan ulang bahkan perbaikan trotoar yang sangat dibutuhkan pejalan kaki selama ini…

Jika dipaksakan untuk dikembalikan fungsi jalur sepeda namun hanya untuk menjelang Pilkada Kota Depok 2020 mendatang tentunya perlu dipikirkan ulang atau lebih jauh lagi… Kebutuhan akan jalur sepeda untuk mengurangi emisi gas karbon untuk pejalan kaki dan masyarakat di Kota Depok dari asap kendaraan setiap hari jelas sangat perlu dan harus dilakukan…

JANGAN TERULANG LAGI

Hemmmm… Program revitalisasi jalur sepeda di ruas Jl. Raya Margonda tentunya memang perlu tapi juga harus melihat kondisi di lapangan.. Jangan sampai kasus pemutaran lagu di pertigaan lampu merah dan uji coba satu arah di Jl. Raya Arief Rahman Hakim yang hanya hidup ‘se umur jagung’ terulang lagi… Ingat dana atau anggaran yang dipergunakan milik rakyat jadi harus dapat dirasakan kembali rakyat.. Jika tidak.. Hemmm.. Bakal jajaran petugas anti ruah atau KPK turun tangan langsung deh…

Hal itu juga memang sempat dilontarkan Kadishub Depok Dadang Wihana, memang ada rencana mengembalikan fungsi jalur sepeda di ruas Jl. Raya Margonda sesuai rencana penataan sepanjang ruas jalan utama tersebut.. Pihaknya kini tengah melakukan kordinasi dengan Bappeda, Dishub, DPUPR dan Disrumkim. Apalagi kondisinya sekarang sudah tidak tertata dengan baik namun semua itu kembali ke infrastruktur di Jl. Raya Margonda maupun prilaku masyarakat khususnya pengendara yang melintas di ruas jalan tersebut.

Celoteh Bocah Depok.. Berharap semoga saja anggaran ratusan juta yang tentunya bakal disiapkan untuk mengfungsikan jalur sepeda di Jl. Raya Margonda dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak… Terutama bagi pengemar sepeda dan dapat mendorong masyarakat Depok mengurangi menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun roda empat… Hemmm Semoga saja semua berjalan sesuai rencana tanpa ada embel embel politik menjelang Pilkada tahun 2020 mendatang… Ya semoga saja niatannya memang murni memberikan terbaik bagi warga Kota Depok… Aamiin…(AP/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close