InspirasiPemkotRagamTerkini

Depok Berpotensi Kelola Limbah Sampah Didaur Ulang Bernilai Ekonomis

DEBAR.COM.-GROGOL, DEPOK- Masalah pengelolaan  sampah dan limbah masih menjadi persoalan bagi Kota Depok. Namun, dengan adanya SDM dan teknologi kendala tersebut dapat ditemukan solusinya. Hal itu dibenarkan Ketua BMPS Kota Depok H. Acep Azhari saat menerima kunjungan perwakilan Kementerian Ekonomi dan Industri dari Jepang atau Ministry of Economy, Trade And Industri (METI).

Menurutnya, Depok sangat berpotensi mampu  dalam melakukan daur ulang limbah sampah menjadi barang bernilai ekonomis. “15 pengusaha dari Jepang yang hadir membicarakan limbah sampah yang ada di Depok. Nantinya akan bisa didaur ulang  demi kepentingan masyarakat dan bernilai ekonomis,”ujarnya seusai acara Depok Indonesia-Fukuoka Japan Partnership For Enviroment & Agrobusiness yang berlangsung di RM Gabus Pucung, Rabu (26/02/2020).

Acep mengaku dengan adannya pertemuan tersebut Depok memiliki peluang mampu melakukan daur ulang sampah. Selain itu, lanjutnya, berpotensi sebagai premier industri lingkungan yang terintegrasi (ekosistem pendidikan, lingkungan, pendidikan). Ia menambahkan, konsep pendidikan Hit, Eat Learn Play.

“Dari perwakilan Jepang ini juga menaungi 350 industri yang didampingi kementerian industri Jepang. Tidak hanya menawarkan bisnis saja, tapi memberikan peluang kerjasama dalam menangani masalah lingkungan. Bahkan, dalam kendala keuangan juga bisa membantu,” paparnya.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Depok berpotensi dalam daur ulang sampah dan lainnya. “Kedepannya kerjasama ini harus diwujudkan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Mengingat masalah sampah sangat rumit, tiap hari berapa ton sampah yang diangkut ke TPA,” pungkasnya. (MFR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close