NasionalPemkotTerkini

Depok Butuh Inovasi Baru Untuk Menangani Limbah Sampah

DEBAR.COM.-GROGOL, DEPOK- Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mendukung serta mengajak seluruh masyarakat, pengusaha, tokoh warga dan lainnya untuk terus mencari inovasi penangganan sampah buangan.

Sampah merupakan  salah satu persoalan terbesar bagi lingkungan hidup di perkotaan serta masyarakat luas.

“Kami mengajak seluruh pengusaha, tokoh warga dan masyarakat untuk bahu membahu menangani dan mengantisipasi tumpukan sampah buangan yang hampir setiap hari ada di lingkungan,  paling tidak dengan mencari inovasi baru dengan berbagai pihak termasuk menggunakan alat modern,” kata Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna didampingi H. Acep Azhari, selaku penasehat Indonesia Japan Business Network (IJB).

Hal ini dia sampaikan saat menerima 15 pengusaha asal Jepang dalam Depok Indonesia-Fukuoka Japan Partnership for sustainable envirnment & Agrobusines, di RM Gabus Pucung, Kamis (27/02/2020).

Walaupun sudah dilakukan secara bertahap penanggan sampah, namun masih perlu adanya inovasi baru untuk penangganan sampah buangan.

Apalagi, lanjutnya, Fukuoka Japan Partnership for sustainable envirnment & Agrobusines juga bergerak dalam teknologi penggunaan air bersih dari air laut tentunya sangat potensial sekali.

“Saya berharap kehadiran dan kedatangan 15 orang pengusaha asal Jepang yang menjelaskan tata cara penangganan limbah sampah buangan hendaknya dapat  menjadi bagian dari solusi penangganan limbah sampah buangan yang ada di Kota Depok,” tuturnya.

Sementara itu, Haji Acep atau Harcord, penasehat  IJB, menambahkan kehadiran 15 pengusaha asal Jepang ini memberikan penjelasan kaitan solusi penangganan sampah buangan yang diharapkan dapat menjadi kolaborasi antar Pemkot Depok dengan pengusaha Jepang tersebut.

“Mereka atau pengusaha itu menawarkan dan menjelaskan bagaimana penanganan masalah sampah di Kota Depok terlebih dalam masalah daur ulang sampah dan membangun pembangkit listrik tenaga surya, khususnya di Gama Valley,” imbuhnya yang menambahkan kedatangan ke Indonesia khususnya Kota Depok dibawah organisasi Indonesia Jepang Bisnis Network (IJB) yang juga terdapat alumni Habibi dan dari Jepang. (AP/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close