PemkotRagamTerkini

Idris: Teladani Nabi Ibrahim Dalam Momentum Berqurban

DEBAR.COM.- CILODONG, DEPOK- Wali Kota Depok Mohammad Idris menjadi Khotib dan Imam dalam pelaksanaan sholat Idul Adha 1440 H di masjid At-Taqwa, Kampung Sawah, Jatimulya, Cilodong, Minggu (11/08/2019).

Dalam ceramahnya Idris mengajak para jamaah agar meneladani Nabi Ibrahim As. “Patut kita teladani karena sikap dan karakter beliau. Salah satunya kecintaannya pada umatnya Ditandai dengan dakwah mengajak pada tauhid dan meninggalkan penyembahan berhala. Tentunya, dengan resiko harus hijrah dan mendapatkan ujian berat namun sabar, ” ujar Mohammad Idris.

Menurutnya, meneladani sikap Nabi Ibrahim As yang terkenal dengan sopan dan santun dalam keseharian. Bahkan, lanjutnya, di dalam sejarah disebutkan pernah menyembelih kambing bagi tamu yang tidak dikenalnya. “Kebaikan Nabi Ibrahim yang patut diteladani adalah sikap sopan, santun dan berjiwa sosial tinggi,” paparnya.

Daging Qurban Solusi Masalah Umat

Idris menegaskan bahwa berqurban harus dengan hewan qurban. Secara tegas dirinya menolak adanya pernyataan cendekiawan yang mengganti daging qurban dengan uang untuk orang miskin. Selain berdasarkan syariah, pembagian daging qurban sangat membantu masyarakat kurang mampu mampu.

“Kita masih menjumpai adanya masalah kemiskinan, gizi buruk dan stunting. Dengan pembagian daging qurban, tentunya akan membantu dalam kesetiannya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, konsumsi daging masyarakat Indonesia jika dibandingkan dengan Negara lain seperti Malaysia, Thailand, Amerika dan lainnya masih sangat rendah. Sehingga, dengan adanya qurban akan sangat membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi, ekonomi dan sosial.

“Berdasarkan data secara tahun ini sebanyak 3,5 juta hewan untuk diqurbankan dan ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Semoga kita mendapatkan keberkahan, kedekatan dengan Allah SWT dan secara sosial,” pungkasnya. (2R/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close