PendidikanRagamTerkini

Ikatan Alumni Santri Indonesia UI Gelar Sarasehan Virtual

DEBAR.COM.-DEPOK- Ikatan Alumni Santri Indonesia Universitas Indonesia menyelenggarakan Sarasehan Virtual dan Penyambutan Mahasiswa Baru Alumni Pesantren secara online. Banyak mahasiswa yang antusias mengikuti acara ini untuk mengetahui seputar informasi dan bagaimana cara beradaptasi di kampus UI. Selain itu, selama acara berlangsung mahasiswa berkesempatan menyimak sesi berbagi dari dua narasumber dengan tema yang beragam seperti pengenalan lingkungan akademik UI, bagaimana strategi survive menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi hingga cara menjaga nilai kesantrian di tengah kemajemukan civitas akademika UI.

Achmad Solechan M.Si. Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa UI mengapresiasi kegiatan tersebut. Terlebih lagi dalam menyambut teman-teman forum alumni santri yang sedang kuliah di UI ini. “Sangat menggembirakan sekali berkumpul dalam sebuah forum yang menguatkan identitas kesantrian kita di kampus besar UI. Semoga dengan wadah para santri ini,diharapkan kekuatan, tradisi, pemikiran, cara pandang, dan laku hidup kita yang melekat pada diri kita tetap konsisten dan istiqomah,” katanya sebagai pembina forum paguyuban alumni santri UI ini, Jumat (08/10/2021).

Koordinator forum paguyuban mahasiswa Insani UI Riziq Maulana Yusuf menuturkan tujuan Sarasehan Virtual ini adalah menjadi sarana pengenalan awal. Terlebih lagi bagi mahasiswa agar mengetahui tentang seluk beluk lingkungan akademik kampus. Apalagi, UI merupakan salah satu kampus favorit pelajar Indonesia yang akan melanjutkan perguruan tinggi. Serta sebagai wadah berbagi bagaimana survive di kampus.

“Kami sangat bersyukur dan bahagia bisa bertemu dengan teman-teman mahasiswa baru meskipun dalam kondisi virtual. Harapannya forum ini bisa terus kami upayakan tetap sustain berjejaring dengan teman-teman dan bisa jadi ajang peningkatan potensinya masing-masing. Agar terus bisa berkontribusi bagi UI dan Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, Ikatan Alumni Santri Indonesia UI merupakan forum paguyuban mahasiswa UI yang pernah atau sedang menjadi santri di Pondok Pesantren. Ia menambahkan, Forum ini diinisiasi guna mempererat tali silaturahim dan menghimpun mahasiswa UI alumni pesantren untuk mewarnai kampus. Ia menambahkan, Forum ini juga dibuat sebagai ajang meningkatkan kapasitas diri untuk survive di lingkungan UI. “Tanggung jawab moral sebagai seorang santri diuji di kampus yang sangat beragam ini. Maka anggota dalam forum Ikatan Santri Indonesia UI ini diharapkan dapat saling berelasi bersama,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut sebagai narasumber Mantan aktivis dan anggota Majelis Wali Amanat UI Vyan Tashwirul Afkar. Selain itu, Imam Hayatullah, Dosen MPK Agama Islam UI.(MFR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close