PemkotTerkini

Imas: Gunakan Air Tanah Terus Menerus Dapat Merusak Lingkungan

DEBAR.COM.-SUKMAJAYA, DEPOK- PDAM Tirta Asasta  Kota Depok  terus berupaya melayani kebutuhan air bersih  masyarakat. Komitmen tersebut dibuat agar masyarakat di Kota Depok dapat beralih dari menggunakan air tanah ke air PDAM.

Hal tersebut dikatakan Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Imas Dyah Pitaloka, salah satu dari misi PDAM Tirta Asasta adalah mengedukasi masyarakat untuk mengurangi pengunaan air tanah. Karena dengan menggunakan air tanah secara terus-menerus dapat merusak lingkungan.

“Wilayah Jakarta sudah mengalami penurunan permukaan tanah. Sebagai wilayah yang dekat Jakarta, Depok harus bisa mencegah hal tersebut karena dapat  berpotensi amblesnya bangunan dan rawan bencana,” tutur Imas, Rabu (12/12/18).

Dikatakan Imas, pengunaan air tanah terus-menerus dapat mengakibatkan pencemaran air yang bersumber dari air dangkal yang tercemar. Dampaknya adalah air berbahaya untuk dikonsumsi.

“Sama seperti amblasnya bangunan, penggunaan air tanah berlebihan risikonya terjadi miringnya jalan atau jembatan yang amblas dapat mengancam keselamatan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, ketersediaan air di Kota Depok memang masih melimpah. Namun, dalam pemanfaatannya harus berdasarkan pada keseimbangan dan kelestraian air tanah.

“Untuk menjaga ketersediaan air butuh kepedulian masyarkat untuk bijak dalam menggunakan air tanah. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memfasilitasi hal tersebut dengan beralih ke air dari PDAM Tirta Asasta,” pungkasnya. (JS/AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close