RagamTerkini

Imun Center, Pengurus RT/RW dan Katar Unit 013 Kp.Lio Fogging Bersama Cegah Penyebaran DBD

DEBAR.COM.-PANCORAN MAS, DEPOK- Upaya mencegah penebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayah Kp.Lio RW.013 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok,  Imam Musanto Center (Imun Center), bersama Pengurus Lingkungan RT/RW013 dan Karang Taruna Unit 13, Kelurahan Depok melaksanakan penyemprotan insektisida (fogging) kerumah warga dan lokasi yang berpotensi bersarangnya nyamuk  penyebar penyakit demam berdarah yang ditularkan melalui gigitannya.

“Kegiatan Fogging yang kami lakukan bersama Imun Center, selain untuk mencegah penyebaran penyakit DBD diwilayah kami, juga sebagai upaya membangkitkan kekompakan para pengurus lingkungan dalam memberikan pelayanan kepada warga, terkait tentang kesehatan secara bersama-sama,” kata Ketua RW 013,  M.Suryadi, Minggu (19/09/2021).

Dikatakan Suryadi, fogging sudah menjadi metode yang sering digunakan dibanyak daerah untuk memberantas sarang nyamuk demam berdarah. Salah satunya adalah studi yang dilakukan oleh Universiti Putra Malaysia pada tahun 2011. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa Fogging efektif mengurangi populasi nyamuk Aedes Aegepty dalam waktu 5 minggu setelah penyemprotan.

“Atas dasar refrensi ilmiah tersebut maka giat Fogging kita lakukan sebagai upaya penyelamatan kesehatan warga kami,” ujarnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Unit 013 Sudarno mengatakan, sebagai lembaga kepemudaan yang bermarwah sosial kemasyarakatan, Katar Unit 013 akan selalu membuka jalur kerjasama kepada lembaga perintah dan non pemerintahan, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik untuk warganya.

“Sebagai lembaga kepemudaan yang bergerak dibidang sosial, kami (Katar Unit 013) akan menempuh berbagai macam cara untuk mengadvokasi kebutuhan masyarakat, dengan membuka jalur kerjasama baik dengan pihak pemerintah ataupun lembaga non pemerintahan, guna merealisasikan kebutuhan masyarakat dari semua aspek,” tuturnya.

Ia menambahkan, terkait dengan penanggulangan penyakit DBD, selain dengan fogging, kita juga perlu menerapkan cara-cara lain untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah dilingkungan masing-masing. Salah satu cara yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah 3M Plus yaitu,  Menguras dan membersihkan tempat penampungan air, seperti bak mandi, drum, ember, dan sebagainya.

Menutup rapat-rapat tempat penampungan air untuk menghindari nyamuk bersarang di dalamnya. Memanfaatkan limbah dan barang bekas (daur ulang) agar tidak menjadi tempat nyamuk DBD berkembang biak

“Menggunakan obat antinyamuk, membersihkan lingkungan rumah dan memberikan larvasida ke dalam penampungan air yang sulit dibersihkan atau dikuras,” pungkasnya. (MFR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close