PeristiwaTerkiniTNI - Polri

Kapolda Metro Jaya Tegaskan Peristiwa Papua Disebabkan Hoaks dan ujaran Kebencian

DEBAR.COM.-JAKARTA- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr Gatot Edy Pramono MSi mengingatkan mahasiswa Bina Nusantara (Binus) tentang bahaya hoaks. Ia mengingatkan agar mahasiswa tidak terprovokasi dengan hoaks. Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan kuliah umum di Universitas Bina Nusantara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (20/08/2019).

Kapolda Metro Jaya Dalam kesempatan itu mencontohkan peristiwa di Manokwari, Papua yang pecah lantaran berita hoaks di media sosial. Masyarakat yang terprovokasi menjadi marah dan merusak.

“Itu terjadi karena ada yang menyebar hoaks di sosial media. Makanya saya meminta mahasiswa di sini (Binus) jangan asal menyebarkan konten di medsos,” ujar Gatot Edy Pramono.

Terhadap masalah Papua, Polda Metro Jaya telah mengumpulkan warga Papua di kantornya pada Senin 19 Agustus 2019 malam. Hal ini untuk memastikan keamanan warga Papua yang tinggal di wilayah hukumnya. “Tidak ada mess warga Papua di sini yang ada hanya kos-kosan saja,” tegas Gatot.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menegaskan, Jakarta dalam suasana kondusif. Bahkan jaminan keamanan telah disampaikan saat Polda Metro Jaya mengumpulkan mahasiswa dan masyarakat Papua kemarin.

“Di Polda Metro kami menyamakan persepsi. Artinya bahwa kita sebagai bangsa yang besar, Jakarta yang heterogen dan banyak suku bangsa, kita saling menghargai. Kita melindungi warga Papua di Jakarta. Kita sama-sama menjaga kondisi di Jakarta,” ucapnya.

Melihat itu, Argo menekankan, pihaknya tidak memperketat keamanan, penjagaan hanya meliputi rutinitas biasa. Sejumlah Kapolres di lingkungan Polda Metro Jaya telah diminta untuk berkoordinasi dengan masyarakat Papua. Cara ini demi mengantisipasi kejadian kerusuhan seperti di Manokwari.

 

“Jadi tidak ada yang khusus, semua biasa saja kok,” pungkasnya. (ARIEF/AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close