PendidikanRagamTerkini

Pelatihan Jurnalistik ‘Debar’ Membuka Pintu Dunia

DEBAR.COM.-PANCORAN MAS, DEPOK- Teknologi kian hari semakin berkembang dan informasi tanpa batas. Guna memperluas wawasan dan pengetahuan, Koran DepokPembaharuan (Debar) kembali menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik dan Animasi tingkat SMA/SMK sederajat di Kantor Aula Kecamatan Pancoran Mas, Rabu (05/12/2018).

“Dari pelatihan ini berharap, anak-anak memahami dan mampu menerapkan ilmu jurnalistik. Apalagi, narasumbernya adalah orang yang berkompeten dan sehari-hari menulis berita di Kota Depok,” ujar Pimpinan Umum Debar H. Acep Al Azhari dalam pembukaan acara pelatihan jurnalistik.

Acep mengungkapkan, dengan membaca berita akan mendapatkan informasi dan pengetahuan luas. Bahkan, lanjutnya, para peserta juga dibekali cara mengidentifikasi jenis berita  hoax yang sering beredar dan meresahkan masyarakat.

“Dengan memiliki kemampuan menulis, maka diharapkan mampu membuat berita yang positif untuk Depok dan masyarakat luas. Bahkan, membuka pintu dunia,” paparnya dihadapan 100 peserta ini.

Menurutnya, kegiatan pelatihan tersebut sudah berjalan keempat kalinya dengan keliling di 11 Kecamatan. Ia menuturkan terkait materi untuk saat ini dengan menambahkan animasi. “Saya mengucapkan terimakasih pada narasumber yang tidak henti-hentinya untuk berbagi ilmu,” terang Ketua BMPS ini.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono menuturkan, manusia terlahir dengan keinginan untuk menyampaikan informasi. Namun, hendaknya kabar yang disampaikan bukan berita bohong alias hoaks.

“Komunikasi bisa disampaikan dengan cepat kepada siapa saja melalui media sosial,” ujarnya.

Sidik menuturkan, saat ini melalui teknologi berita sangat mudah diperoleh dan diakses siapa saja. Namun, tak semua yang disampaikan mengandung kebenaran.

“Harus bijaksana dalam bermedia sosial. Baik menyebarkan informasi ataupun menerima informasi. Karena berita bohong yang disebar akan berimplikasi hukum,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Komite Pendidikan Kota Depok Hafid Nasir memberikan apresiasi pada pelatihan ini. Pasalnya, kasus kenakalan pada remaja masih kerap kali ditemukan di masyarakat.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan anak-anak kita atau generasi milenial mampu membuat berita yang positif dan terhindar dari hoax. Dengan menyalurkan pada hal positif,” ujarnya.

Hal senada diutarakan Camat Pancoran Mas Utang Wardaya mengapresiasi acara tersebut. Pasalnya, saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam menyeleksi berita. Menurutnya teknologi telah mempermudah akses memperoleh berita.

“Diharapkan dengan pelatihan ini, tidak hanya mengenal jurnalistik saja. Tapi, juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentu dalam mewujudkan pembangunan Depok yang unggul dan religius,” tandasnya.

Debar menghadirkan Narasumber diantaranya, Rusdi Nurdiansyah dari Republika, Anton dari Poskota, Hendrik Raseukiy dari Elshinta, Aan Humaidi Harian Duta Masyarakat, Windarto dari SuaraKarya. Sedangkan Narasumber untuk Animasi Rangga Yudo Yuwono dari Depok Animation Center (DAC). (TIM Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close