RagamTerkini

Pengabdian Masyarakat FIKOM Universitas Bung Karno Gelar Penerapan Aplikasi

DEBAR.COM.-DEPOK- Dengan mengangkat tema yang bertajuk ‘Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Layanan Kependudukan’, Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bung Karno (FIKOM UBK) pada periode Juli 2018 menggelar kegiatan di dua tempat yang berbeda, yaitu Kelurahan Depok dan Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Sabtu-Minggu (28-29/07/2018).

Kegitan pengabdian ini diadakan oleh Tim Dosen PKM Ristekdikti, Sudirman, S.Kom, M.Kom, Mega Tri Kurnia, S,Pd.I, M.Si dan Alexius Ulan Bani, ST, M.Kom berupa pemberian dan penerapan aplikasi system informasi layanan kependudukan oleh FIKOM UBK kepada Kantor Kelurahan Depok dan Kantor Desa Bojonggede, serta dibiayai oleh Dana Hibah Program Kemitraan Mayarakat (PKM) DRPM Ristekdikti.

“Aplikasi ini dibuat oleh Dosen dan Mahasiswa FIKOM UBK untuk membantu staf kelurahan dalam pelayanan kependudukan seperti pengurusan data penduduk, data kelahiran, data kematian, surat keterangan, dan layanan kependudukan lainnya,” tutur Tim Dosen PKM Ristekdikti, Mega Tri Kurnia, S.Pd.I, M.Si pada awak media DepokPembaharuan (Debar).

Dikatakan Mega Tri Kurnia, kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berlangsung pada hari Sabtu (28/07/2018) di Kantor Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, yang dihadiri oleh Kader PKK Kelurahan Depok, Staf Kelurahan, Ketua Karang Taruna (Katar) RW 01 dan dibuka oleh Ketua TP PKK Kelurahan Depok, Ariana Hidayat bverlangsung sangat menenarik, ini terlihat dari antusiasnya para peserta mengajukan pertanyaan selama mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat FIKOM UBK.

”Ibu Lurah yang juga Ketua TP PKK Kelurahan Depok sangat berterima kasih kepada FIKOM UBK dan memberikan apresiasi serta mendukung sepenuhnya kegiatan pengabdian ini. Dan berpesan agar pengabdian ini juga bisa dilakukan pada masa yang akan datang,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu peserta dari kader PKK, Ibu Eko meminta sekaligus bertanya kepada TIM PKM apakah FIKOM UBK bisa membuatkan aplikasi serupa untuk layanan posyandu kelurahan. Permintaan serupa juga muncul dari Ketua Katar RW 01, Herman Rukmana yang menayakan apakah FIKOM UBK bisa bantu membuatkan aplikasi data base Katar dan melakukan kegiatan pengabdian khusus untuk Katar.

Pertanyaan dan permintaan Kader PKK dan KarangTaruna di atas ditanggapi olehIbu Mega Tri Kurnia, S.Pd.I, M.Si berupa: “FIKOM UBK sangat senang sekali bisa diberi kepercayaan dan kesempatan untuk membuatkan aplikasi layanan posyandu dan aplikasi data base Katar. “Saya sarankan agar Kader PKK dan Karang Taruna mengajukan surat permohonan untuk dibuatkan aplikasi posyandu dan data base karang taruna yang ditujukan kepada FIKOM UBK, setelah surat permohonan diterima, pihak kampus akan melakukan rapat internal untuk membahas tindak lanjutnya dan memilih tim dosen yang akan membuat aplikasi tersebut yang nantinya akan diberikan pada pengabdian masyarakat periode berikutnya,” imbuhnya.

Sedangkan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berlangsung di hari kedua, Minggu (29/07/2018) di Desa Bojonggede berlangsung di kantor Kelurahan Desa dan dihadiri oleh Kepala Seksi Pemerintahan Desa, Staf Desa, Kader PKK, dan KarangTaruna.

Kepala Desa Bojonggede yang diwakili oleh Iwan dalam sambutannya menyampaikan kabar gembira bahwa, Desa Bojonggede sekarang menduduki peringkat ke 17 desa terbaik dari ribuan desa yang ada di Indonesia dan telah berubah menjadi Desa Mandiri.

“Saya menyambut antusias sekali dengan adanya Aplikasi Sistem Informasi Layanan Kependudukan Desa Bojonggede yang dibuat oleh FIKOM UBK untuk membantu kemajuan pelayanan Desa Bojonggede,” katanya dalam sambutannya.

Sedangkan pada sesi Tanya jawab setelah pemaparan tentang Aplikasi Sistem Informasi Layanan Kependudukan, Kader PKK, Kartini meminta untuk dibuatkan aplikasi Posyandu. Sementara Staf Desa, David meminta agar pada Aplikasi Sistem Informasi Layanan Kependudukan Desa Bojonggede ditambahkan satu item untuk laman surat keterangan pindah penduduk yang belum ada pada aplikasi buatan FIKOM UBK.

Tanggapan atas pertanyaan dan permintaan peserta disampaikan oleh tim dosen PKM (Ibu Mega Tri Kurnia) yang mengarahkan “Silakan agar peserta mengajukan surat permintaan pembuatan Aplikasi kepada FIKOM UBK yang beralamat di Universitas Bung Karno, Jl. Pegangsaan No 17A Kelurahan Menteng Jakarta Pusat,” pungkasnya.(AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close