NasionalTerkiniTNI - Polri

Polda Metro Jaya Luncukan e-Advokasi

DEBAR.COM.-JAKARTA- Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi e-Advokasi yang diberi nama edv-Metro. Aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah konsultasi hukum bagi para personel kepolisian dan masyarakat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono, mengatakan Edv-Metro diluncurkan untuk memangkas birokrasi dalam konsultasi hukum dari para anggota polisi di wilayah Polda Metro Jaya. Aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat konsultasi masalah hukum.

“Elektronik advokasi ada fitur-fiturnya, pertama untuk pelayanan hukum, ada diskusi terkait permasalahan hukum, konsultasi hukum dan sosialisasi hukum,” ujar Gatot Edy saat peluncuran aplikasi tersebut di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (03/09/2019).

Dikatakan Gatot Edy, dengan adanya Edv-Metro ini bagaimana kita pangkas jalur birokrasi. Kalau birokrasi melalui surat dan banyak tahapan ini bisa dipangkas. Lanjut jenderal bintang dua yang pernah menjabat sebagai Asrena Kapolri tersebut mengatakan Edv-Metro ini juga bisa diakses oleh masyarakat luas. Namun, konsultasi hukum yang bisa diperoleh oleh masyarakat itu terbatas.

“Terkait konsultasi hukum nggak hanya untuk anggota Polri yang bermasalah. Ada juga buat masyarakat tapi ada batasannya, bukan yang kasus di Krimum, Krimsus,” tandas Gatot Eddy.

Sementara Kabidkum Polda Metro Jaya, Kombes Viktor Sihombing, mengatakan peluncuran aplikasi ini untuk mendukung tugas pokok Bidkum baik di Polda maupun di Polres.

“Aplikasi ini memotong semuanya. Dengan adanya kegiatan ini jadi dari wilayah nggak terpengaruh jarak waktu. Intinya Bidkum hadir sebagai pendukung pelaksanaan tugas pokok. Harapannya Bidkum punya kualitas,” jelas Viktor.

Dirinya menambahkan, terdapat 6 fitur dalam aplikasi ini. Tiga fitur bersifat interaktif tentang pelayanan hukum Polri dan juga konsultasi hukum serta diskusi publik. Untuk fitur pelayanan hukum, dalam aplikasi ini ditujukan untuk anggota Polri yang membutuhkan pendampingan hukum.

“Sedangkan fitur konsultasi hukum ditujukan untuk masyarakat yang ingin berkonsultasi dan menyampaikan permasalahan hukumnya. Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur live diskusi yang membahas masalah hukum dengan narasumber-narasumber dalam bidangnya,” pungkasnya. (AT/AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close