PemkotPendidikanTerkini

Program Merdeka Belajar Jadi Bahasan Renja Disdik Depok

DEBAR.COM.-CIMANGGIS, DEPOK- Program Merdeka Belajar menjadi salah satu program inisiatif Mendikbud yang ingin menciptakan suasana belajar yang bahagia, baik bagi murid maupun para guru. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin pada Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Pendidikan Kota Depok tahun 2021 yang berlangsung di Wisma Hijau, Mekarsari Depok, Rabu(19/02/2020).

Mohammad Thamrin mengatakan, program Merdeka Belajar ini meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

“Pelaksanaan USBN untuk Sekolah Dasar tahun 2020 ini diserahkan kesekolah masing masing, sedangkan untuk Ujian Nasional tingkat SMP tahun ini terakhir dilaksanakan,” tutur Mohammad Thamrin

Sementara terkait PPDB Zonasi, Thamrin mengkawatirkan siswa bakal sulit diterima di Sekolah Negeri. Tahun ini yang sebelumnya Zonasi 90% kini hanya 50%, pakai NEM saja banyak murid yang tidak diterima di negeri. ‚ÄúStandart apa yang bakal kita pakai untuk PPDB nanti, kelak SD swasta akan berlomba lomba memberikan nilai setinggi tingginya pada siswa,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, program lain yang menjadi unggulan adalah, terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen.

“Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP, dimana guru harus menulis sendiri rencana pembelajarannya,” ujarnya. (FIR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close