NasionalTerkini

Puncak Peringatan HPN 2021, Jokowi Sebut Ekonomi dan Vaksinasi Untuk Insan Media

DEBAR – Puncak Acara Hari Pers Nasional (HPN) 2021 bersama PWI dan Pemprov Jakarta dirayakan sederhana di Candi Bentar, Kawasan Ancol dengan Jakarta sebagai tuan rumahnya, Selasa (09/02/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo yang berada di Istana Merdeka, dan 37 perwakilan privinsi yang diselenggarakan secara virtual.

Jokowi dalam sambutannya, menyebutkan soal bagaimana kondisi awak media juga sebagai profesi yang berada di garis terdepan.

Beliau menyebutkan, bahwa dalam kondisi sulit di industri media, pemerintah berupaya meringankan beban perusahaan media dalam bentuk pembayaran pajak yang ditanggung pemerintah dan insentif bagi insan pers.

“Saya tahu industri pers dan badan usaha yang lain sedang menghadapi masalah juga, oleh karena itu pemerintah berusaha meringankan beban industri media. PPh 21 sebagai awak media telah dimasukan dalam daftar pajak yang ditanggung pemerintah. Artinya pajak dibayar oleh pemerintah tolong nanti ini diikuti, dikawal dengan menteri keuangan. Juga untuk industri media dilakukan pengurangan PPh badan, pembebasan PPh 2  impor dan percepatan restitusi dan insentif yang berlaku sampai juni 2021,” kata Jokowi pada sambutannya secara virtual.

Selain itu, kelanjutan dari pembahasan Ketua PWI yang membahas soal vaksin untuk awak media, Jokowin juga menyebut akan memberikan 5000 vaksin yang diketahui bahwa awak media juga bagian dari garis terdepan untuk menjembatani sebuah informasi bagi masyarakat.

“Untuk saat ini pemerintah sedang bekerja keras untuk memperoleh vaksin. Saya yakin banyak awak media yang ingin vaksin, mulai di akhir Februari sampai awal Maret, nanti untuk awak media sudah kita siapkan kira-kira 5000 orang untuk bisa divaksin,” jelasnya.

Dalam acara tersebut ditutup dengan pemberian penghargaan, yaitu penghargaan kebudayaan untuk 10 kepala daerah, penghargaan Pena Emas yang diberikan untuk Gubernur Kalimantan Selatan, dan penghargaan Anugrah Jurnalistik Adinegoro yang diterima oleh 6 pemenang. (ENI/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close