Da'wahTerkini

SYIAR DEBAR ‘Inilah Kesuksesan Sejati’ Oleh: Ustad Dr.Mukhrij Sidqy, MA

DEBAR.COM.-DEPOK- Setiap orang boleh berpendapat dan mengadopsi dari manapun tentang makna sukses, tetapi seorang muslim mestilah memperhatikan bagaimana Al-Quran itu mendefinisikan kesuksesan, karena Al-Quran adalah petunjuk bagi orang yang beriman. Dan agama Islam hadir agar umatnya meraih kesuksesan bukan hanya di dunia tetapi juga di akhirat (liyanaalus sa’aadah fii ma’aashihim wa ma’aadihim).

Al-Quran mengatakan dengan sangat sederhana, bahwa kesuksesan adalah saat kita dihindarkan dari api neraka, sebagaimana QS. Ali ‘Imran ayat 185 menyebutkan “Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung (sukses)”.  Dengan konsep kesuksesan yang sederhana ini manusia akan selamat dari ambisi duniawi yang membuatnya celaka.

Banyak orang mengatakan jabatan tinggi adalah kesuksesan, tetapi berapa banyak yang dengan jabatannya itu justru menjadi hina, seperti Firaun. Banyak pula yang mengatakan bahwa kekayaan adalah kesuksesan, tetapi berapa banyak yang kehidupan keluarganya hancur di tengah gelimang hartanya seperti Qarun. Itu semua terjadi karena mendasarkan makna sukses dengan raihan keduniaan.

Sukses itu sederhana, yaitu apapun posisi dan situasi kita ukurannya surga dan neraka. silahkan bertanya pada diri sendiri, dalam profesi kita apakah ujung profesi ini surga atau neraka? Dalam kekayaan kita apakah ini akan membawa ke surga atau ke neraka? Bahkan saat menonton TV pun harus punya konsep tersebut, apakah yang saya tonton ini berujung surga atau neraka. Apapun yang kita lakukan apakah kelak mendekatkan kita ke surga atau justru malah ke neraka.

Konsep sederhana tentang sukses ini akan menyelamatkan diri kita dari berbagai hal yang kelak menghinakan diri. Tak heran banyak orang korupsi tetapi merasa bangga, karena kesuksesan menurutnya adalah dengan berapa banyak hartanya, tak perduli dari mana asalnya. Maka, jangan silahkan pandangan kita dengan kesuksesan semu, apapun peran kita di dunia, pastikan peran itu mendekatkan kita ke surga dan menjauhkan dari neraka, dan itulah kesuksesan.(MUKHRIJ/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close