Da'wahRagamTerkini

SYIAR DEBAR: ‘Momen Muhasabah di Tahun Baru 1441 Hijriah ‘Oleh: Ustad Dr.Mukhrij Sidqy, MA

DEBAR.COM.-DEPOK- Manusia merupakan persatuan antara jasad dan ruh. Jasad butuh perawatan, pemeliharan. Bagi yang memiliki financial yang mapan mungkin akan rutin mengadakan medical check up, meski hanya sakit sedikit atau bahkan tidak sakit sekalipun, tidak di dalam negeri bahkan di luar negeri, semua itu dalam rangka menjaga kelangsungan kesehatan tubuh.

Lalu bagaimana dengan ruh? Sejatinya ruh lebih prioritas untuk dirawat dan dijaga. Sebab ruh yang sakit akan membuat hidup seseorang tidak karuan, walaupun jasadnya dilimpahi kemewahan. Karenanya, kita telah banyak melihat, dan sejarah telah membuktikan, orang yang bergelimang harta hidup dalam ketakutan, kekhawatiran, konflik keluarga, dan lainnya, apa sebabnya? Ada yang sakit pada ruhnya yang tak kan pernah bisa diganti oleh limpahan harta. Sayangnya tak semua sadar akan penyakit ruhnya.

Sebagaimana medical check up yang dilakukan secara rutin demi kesehatan jasmani, seseorang harus memiliki moment khusus dalam rangka perawatan ruhnya. Boleh jadi ada penyakit-penyakit yang selama ini menjangkiti ruh. Penyakit itu bisa berupa sifat egois, ingin menang sendiri, tidak perduli pada kepentingan orang lain, khianat, tidak bisa dipercaya, licik, dan oportunities (mencari kesempatan dalam kesempitan). Penyakit ini kian hari kian parah menjelma menjadi penyakit massal.

Rakyat misalnya, ketika ada kebijakan yang kurang mengenakkan dari pemerintah lalu sekonyong-konyong menghujat pemerintah tanpa mengerti betul alasannya, hanya mau enaknya sendiri. Begitupun dengan pemerintah dan para wakil rakyat yang difasilitasi oleh uang rakyat. Jangan merasa itu uang pribadi, kemudian bersikap khianat kepada rakyat dengan hanya memikirkan cara mempertahankan jabatan dari periode ke periode, dan melupakan tugas besarnya sebagai pelayan rakyat.

Tahun baru 1441 Hijriah hendaknya menjadi moment medical check up nasional segala penyakit ruh yang telah menjalar kronis di masyarakat kita ini. Telah lama rakyat menunggu janji-janji manis para wakil (baca: pelayan)nya, dan para wakil serta pemerintah juga butuh kejujuran rakyat dalam mendukung segala program yang adil dan baik, yang pastinya tidak akan memuaskan semua kepala rakyat. Obati khianat dan sifat egois, dan masuklah di tahun baru dengan ruh yang sehat, rakyat dan pelayannya.(MS/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close