Da'wahRagamTerkini

Syiar Debar ‘Puasa di Mata Ulama’ Oleh: Ustad Jaka Petir

DEBAR.COM.-DEPOK- Menjalankan ibadah puasa adalah sesuatu yang ada di dalam hati, berpuasa tidak bisa dimasuki unsur riya (pamer). Jadi menjalankan ibadah puasa berbeda dengan ibadah yang lain seperti sholat, haji, zakat yang apabila di lakukan oleh manusia tidaklah mungkin kecuali dengan gerakan anggota tubuh sehingga orang yang berada di sekitar mengetahuinya. Sedangkan Puasa hanya diri kita dan Allah yang mengetahuinya. Puasa adalah amalan ibadah yang tersembunyi di dalam hati dan tidak di ketahui oleh manusia.

Puasa merupakan ibadah yang memang benar benar Allah yang akan membalasnya dengan pahala yang Allah Rahasiakan karena hanya Allah lah yang mengetahui kadar pahala dan kelipatan balasannya sesuai dengan kemampuan manusia yang melakukannya.
Ibadah Puasa adalah salah satu ibadah yang paling di sukai dan di cintai Allah SWT.

Para ulama sepakat bahwa yang di maksud Puasa adalah yang selamat dari perbuatan maksiat baik berupa ucapan atau perbuatan yang mengandung dari aspek nafsu (Syahwat ).

Akal adalah mahluk paling sempurna yang di ciptakan oleh Allah SWT, sedangkan nafsu (syahwat) adalah mahluk yang sangat jahat , oleh sebab itu janganlah sampai nafsu yang mengendalikan diri kita, malah harus sebaliknya diri kitalah yang harus mengendalikan hawa nafsu tersebut.

Oleh karena itu untuk mengontrol dan mengendalikan hawa nafsu Allah memerintahkan dan mewajibkan kepada kita untuk puasa.(JP/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close