PendidikanTerkini

Testimoni Sebulan Kanal Youtube Belajar Bersama Disdik

DEBAR.COM.-DEPOK- Sejak diluncurkannya Kanal youtube yang dibuat Dinas Pendidikan (Dsdik) Kota Depok pada bulan lalu, sudah dapat membantu para guru dan peserta didik mendapatkan pengajaran.

Kepala dinas pendidikan Kota Depok, Mohamad Thamrin, juga meimbau kepada seluruh guru untuk menganjurkan siswanya belajar melalui channel youtube yang bernama Belajar Bersama Disdik.

“Dalam situasi saat ini, dalam proses Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) kita lakukan, jangan sampai hak anak terabaikan. Nah proses PJJ ini Alhamdulillah Disdik sudah membantu dengan membuatkan channel youtube, jadi bapak ibu sekalian bisa mengarahkan peserta didikanya juga. Bila sekolah di hari itu tidak ada zoom meeting bisa melihat jadwal sesuai dengan apa yang ditayangkam channel tersebut, atau bisa sore atau malam harinya anak-anak diberikan pengayaan dan informasi,” papar Mohammad Thamrin, Kamis (18/02/2021).

Thamrin juga berharap agar peserta didik mendapatkan penambahan pengetahuan dan pengayaan diluar belajar mengajar di sekolah.

“Jadi harapannya walaupun sudah diberikan pembelajaran tapi sebaiknya pula ditambah dengan pengayaan,” katanya.

Dalam pengaplikasiannya, salah satu guru bidang kurikulum Sekolah Dasar Anyelir 1, Suwandi sudah mengimbau para siswa untuk menggunakan kanal youtube tersebut sebagai tambahan dengan mengirimkan link di grup kelas masing-masing.

“Jadi kita beri linknya, karena sudah terjadwal jam nya nanti tinggal dibuka aja linknya, dari situ ada saja anak-anak yang mengikuti, walaupun tidak bisa diawasi secara individu, tetapi kami selalu mengingatkan anak-anak pada jadwalnya untuk mengikuti pembelajaran di youtube tersebut,” jelasnya.

Dalam testimoninya, ia mengatakan kanal youtube tersebut butuh pengembangan-pengembangan dan penyajian yang lebih menarik, agar peserta didik bisa menggunakan kanal tersebut dengan baik.

“Harus lebih menarik dan waktunya lebih panjang, karena materi itu cukup luas ya, artinya keluasan dari materi itu bisa terjangkau begitu,” ungkapnya.

Suwandi mengaku tindakan Disdik sudah baik, namun ia berharap untuk terus meningkatkan kanal tersebut dengan memperbanyak program pengajaran.

“Untuk youtube tentang pembelajaran sudah cukup bagus menurut saya, namun harus lebih dikembangkan, supaya lebih menarik agar anak-anak juga tertarik,” tutupnya. (ENI/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close