PemkotTerkini

Tiga Dimensi Keberhasilan IPM Kota Depok

DEBAR.COM.-DEPOK- Kota Depok merupakan wilayah yang terus berkembang dengan jumlah penduduk yang saat ini di atas 2,3 juta jiwa dengan didominasi penduduk usia produktif, dengan pengeluaran perkapita melebihi 15 juta pertahun. Pertumbuhan ekonomi mencapai 6,8 persen, SDM produktif, jumlah penduduk miskin serta angka pengangguran yang tetus turun merupakan potensi besar dalam pengembangan ekonomi di Kota Depok.

“Keberhasilan dan potensi yang ada merupakan dampak positif pembangunan, hasil kolaborasi dan kerja ketas antara pemerintah dan dunia usaha, serta di dukung oleh asosiasi, komunitas, perguruan tinggi dan media,” tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono saat peresmikan Akselerasi Penguatan Daya Beli Terhadapa IPM Kota Depok yang berlangsung di Hotel Santika, Margonda, Depok, Senin (02/12/2019).

Dikatakan Hardiono, pertumbuhan ekonomi kota Depok terus meningkat, diharapkan sejalan dengan peningkatan IPM. Salah satu indikator dalam pengukuran keberhasilan pembangunan pengukuran melalui Tiga Dimensi Dasar, yaitu Dimensi umur panjang dan sehat, Dimensi pengetahuan dan Dimensi kehidupan yang layak.

“Dimensi Kesehatan diukur menggunakan Angka Harapan Hidup (AHH), Dimensi pengetahuan diukur dengan menggunakan angka melek huruf dan angka rata-rata lama sekolah. Sedangkan Dimensi hidup layak digunakan kemampuan daya beli masyarakat yang dilihat dari rata-rata besar pengeluaran perkapita sebagai pendekatan pendapatan,” papar Hardiono.

Lebih lanjut dikatakan, kajian yang dilakukan pemerintah kota Depok menunjukan angka IPM terus meningkat setiap tahunnya. Dari 79.11 di tahun 2015 meningkat menjadi 80.29 di tahun 2018.

“Ini menunjukan bahwa kemampuan daya beli masyarakat di kota Depok sudah tinggi sebagai salah satu pemicu tingginya pertumbuhan ekonomi masyarakat kota Depok,” jelasnya.

Dirinya berharap, peningkatan IPM Kota Depok merupakan hasil kerja keras semua pihak, baik aparat Pemkot Depok maupun swasta serta seluruh masyarakat kota Depok. Pertumbuhan daya beli masyarakat sangat ditentukan oleh rendahnya angka pengangguran. Dengan semakin baiknya angka-angka tersebut, tentunya akan berdampak terhadap kenaikan IPM kota Depok.

“Saya berharap, dengan adanya forum ini, para kepala perangkat daerah, lurah dan canat agar segera dapat melakukan perumusan kebijakan dan pelaksanaan kegiatan teknis, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terus ditingkatkan guna mewujudkan Depok yang unggul, nyaman dan religius,” tutupnya. (AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close