NasionalPemkotPendidikanTerkini

Wakil Wali Kota Depok: Persiapan Pembangunan UIII Terus Dimatangkan

DEBAR.COM.-JAKARTA- Pemerintah Republik Indonesia (RI) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar rapat lanjutan perencanaan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Dalam kesempatan itu, mereka membahas tentang kurikulum dan sistem perkuliahan di UIII.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Hadir juga, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Kota Depok, Sri Utomo.

“Terkait sarana dan prasarana sudah hampir terpenuhi, tinggal beberapa yang perlu mendapatkan peningkatan pembangunan fisiknya. Seperti gedung rektorat dan pendukung lainnya,” kata Zainut di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019).

Sementara itu, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam pada Kemenag, Kamaruddin Amin menambahkan, masa perkuliahan akan dimulai September 2020. Program studi yang sudah siap dan akan dibuka pertama kali, yakni Pendidikan Islam dan Ilmu Politik.

“Kemungkinan baru dibuka dua fakultas. Meskipun kita sebenarnya mempersiapkan sekitar tujuh fakultas, akan tetapi setahap demi setahap dulu,” jelasnya.

Kamaruddin juga akan menyiapkan program beasiswa untuk para mahasiswa, baik untuk mahasiswa dalam negeri atau asing. Selain itu, UIII juga akan mendatangkan dosen asing untuk mengajar.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna menanggapi positif perkembangan dan perencanaan kampus UIII tersebut. Dikatakannya, Pemkot Depok siap mendukung dan mengikuti Proyek Stategi Nasional (PSN) kampus UIII ini.

“Namun saya mengingatkan, seperti saat diawal pembangunan, agar melihat eksisting ruas jalan baru, misalkan kendaraan yang lewat di UIII. Untuk itu, pemerintah pusat hendaknya melakukan intervensi penambahan atau pelebaran jalan menuju UIII,” terangnya.

Dirinya juga menyampaikan wacana terkait pembangunan Gedung Polresta Depok baru di dekat lokasi kampus UIII. Pasalnya, kondisi kantor kepolisian Depok yang lama, dinilai sangat sempit dan memakan ruas Jalan Margonda untuk parkir kendaraan.

 

“Untuk lokasi gedung Polresta Depok yang lama, bisa dibuat Masjid Agung Depok. Sebab, Kota Depok belum memiliki masjid agung, lokasinya pun cocok karena persis depan Balai Kota Depok,” pungkasnya. (AR/PN/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close