RagamTerkini

Ponpes Assalamah Isi Ramadan Dari Pasaran Kitab Sampai Musabaqoh

DEBAR .COM.-CIPAYUNG, DEPOK- Pondok Pesantren Assalamah, Cipayung, Depok mengisi beragam kegiatan Ramadan bagi para santrinya. Salah satu ciri khasnya adalah pasaran Kitab Kuning (pengajian kitab kuning sampai mengkhatamkan kitab di bulan Ramadan-red). Hal itu dibenarkan Pengasuh Pondok Pesantren Assalamah KH. Bahrudin Toyib. Menurutnya, kajian kitab kuning dilakukan pada  pagi hari, sesudah Dzuhur, selepas ashar, dan bada isya tadarus (3 khatam semalaman dengan dibagi bersama santri).

“Untuk kegiatan rutin pengajian kitab sesuai dengan kelasnya masing-masing seperti tafisr, kitab alfiyah dll. Di bulan Ramadan ini khusus diselenggarakan Pekan Musabaqoh Ramadan 1442 H Akhirussanah,” ujarnya ditemui di Ponpes Assalamah, Cipayung, Depok, Selasa (11/05/2021).

Menurutnya, untuk Ngaji Pasaran Kitab Kuning mengkaji Kitab Washiyatul Mustofa dan Ahkamussolah. Menurutnya kitab tersebut yang disusun (KH. Syarif Zaenal Abidin) anak angkat almarhum KH. Muhammad Toyib Mughni.

“Ngaji kitab kuning merupakan bagian kegiatan wajib diikuti bagi para santri. Terlebih lagi, di bulan puasa dengan tradisi mengkhatamkan kitab kuning,” paparnya.

Dirinya menambahkan, guna menyemarakkan Ramadan melalui Pekan Musabaqoh Ramadan 1442 H Akhirussanah. Selain itu, juga diisi dengan kegiatan muhasabah, syahadah,  Nuzulul Qur’an dan lainnya. Ia menambahkan untuk musabaqoh seperti: lomba pidato, tilawah dan lainnya. Menurutnya, para santri dibekali dengan kemampuan dalam doa, tahlil, maulid, dzikir.

“Tujuannya, mereka untuk berdakwah di masyarakat. Sehingga saat pulang kampung atau ke rumahnya sudah bisa terjun di masyarakat. Seperti saat ini memimpin jamaah shalat traweh, doa dan lainnya,” tutupnya. (ADLLY/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close