Da'wahTerkini

Syiar Debar ‘Bulan Ahli Surga’ Oleh Ustad Dr.Mukrihj Sidqy, MA

DEBAR.COM.-DEPOK- Bulan Ramadan disebut sebagai tamu agung yang membawa banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda “Setiap amalan kebaikan anak Adam akan dilipatgandakan menjadi 10 hingga 700 kali dari kebaikan yang semisal. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman (yang artinya), “Kecuali puasa, amalan tersebut untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya karena dia telah meninggalkan syahwat dan makanannya demi Aku.” (HR. Muslim).

Salah satu dari dua orang sahabat gugur syahid di medan perang. Setelah beberapa tahun berlalu, sahabat yang masih hidup melihat dalam mimpi, ia berada di derajat lebih tinggi dari temannya yang mati syahid. Ia pun heran, lalu ia mengadukan mimpinya kepada Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW kembali bertanya “Berapa lama kau menjumpai Ramadhan setelahnya?” beliau melanjutkan “Ramadhan lah yang membuat derajatmu lebih tinggi dari kesyahidannya”. (HR. Ibnu Majah).

Dalam sebuah riwayat yang shohih disebutkan bahwa apabila datang Ramadan, maka pintu-pintu surga di buka, pintu-pintu neraka di tutup, dan setan-setan di belenggu.  Hal ini seperti bola di kaki, gawang di depan, dan kiper nya pun tidak ada. Kalau di tendang lalu tidak gol itu sangat terlalu. Maka, orang yang mendapati Ramadan tetapi tidak mendapatkan keutamaan nya maka sungguh ia orang yang payah, karena pintu surga terbuka lebar.

Untuk mendapatkan keutamaan Ramadan, kita harus melatih diri (riyadhotun nafs) sebelum memasuki Ramadhan, bisa dengan berlatih berdzikir istighfar, sholawat dan tahlil setelah sholat subuh sebanyak seratus kali. Hal ini agar memasuki Ramadan tidak terjebak dalam euforia semangat ibadah, tetapi tiga hari selanjutnya malah menjadi malas. Inilah yang membuat masjid penuhnya hanya di awal, sedangkan akhirnya kosong.(MUKRIJH/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close