PemkotRagamTerkini

Warga Rw 05 Sawangan Desak Pemkot Depok Normalisasi dan Perbaiki Turap Pinggir Setu Sawangan

DEBAR.COM.-SAWANGAN, DEPOK- Tanggul atau turap sekeliling Setu Sawangan terlalu rendah atau pendek akibatnya saat hujan air dari setu tersebut meluap ke jalan sekeliling setu dan membuat banjir kolam empang milik warga sekitar. Mereka berharap Pemkot Depok secepatnya memperbaiki turap sekeliling setu dan pengerukan lumpur yang membuat dangkal.

“Harus ada upaya perbaikan turap atau tanggul serta mengeruk lumpur di outlet pinggir Setu Sawangan agar air dapat mengalir lancar serta tidak meluap ke jalanan,” kata Rohmat, Ketua RW 05, Kel. Sawangan Baru, Sawangan,  Kamis (16/05/2019).

Banjir kerap terjadi di jalan lingkar sekeliling Setu akibat luapan air yang tidak lagi tertampung terlebih saat hujan airnya cukup banyak akibatnya kolam ikan atau empang milik warga sekitar Setu kebanjiran.

Keluhan dangkalnya outlet pinggir Setu Sawangan sudah disampaikan ke jajaran terkait namun belum ada tanggapan serius, ujarnya yang berharap secepatnya ada upaya perbaikan turap atau tanggul pembatas jalan sekeliling tersebut.

Hal serupa juga dikatakan, Sayuti, Ketua RT 03/05, genangan atau banjir luapan air Setu Sawangan di jalan lingkar tersebut bisa mencapai 40 Cm akibatnya banyak warga enggan melintas saat menuju Jl. Raya Jambu,  Sawangan.

Gulma, lumpur dan pendeknya turap tanggul perlu diperbaiki agar tidak merusak jalan sekeliling Setu,  tuturnya termasuk merugikan warga sekitar pemilik tambak ikan air tawar yang ada di sekitar pinggir jalan tersebut.

“Normalisasi pinggir Setu atau outlet sepanjang 1 hingga 3 Km sekeliling Setu Sawangan mendesak diperbaiki agar tidak bertambah parah kerusakannya,” ujarnya yang mengaku sudah menyampaikan keluhan tersebut ke kelurahan dan kecamatan setempat.

SECEPATNYA DI CEK

Menanggapi dangkalnya outlet dan pendeknya turap pinggir Setu Sawangan, Sekretaris  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)  Kota Depok, Citra Indah Yulianti,  mengatakan secepatnya akan menurunkan anggotanya untuk mengecek ke lapangan kaitan masalah dangkal dan pendeknya turap sekeliling Setu Sawangan.

“Secepatnya akan di cek ke lapangan untuk melihat kondisinya. Yang jelas jika di normalisasi tentunya harus melihat kondisi lapangan apakah kendaraan pengeruk lumpur dapat masuk atau tidak,” tuturnya jika untuk peninggian turap tentunya harus diajukan atau diusulkan terlebih dahulu. (AP/AR/Debar)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close