Kyai Zein: Mudah Mengenali Tanda-Tanda Orang Munafik

DEBAR.COM.-PANCORAN MAS, DEPOK- Untuk mengenali tanda-tanda orang munafik itu paling mudah, salah satunya tidak akan bisa berlama-lama duduk di masjid ataupun ditempat pengajian.

Hal tersebut dikatakan Penasehat Majelis Taklim Fusda Al-Amjad Kota Depok, KH. Zein Rofiq Fachrudin dalam kajian Kitab Risalatul Muawanah pada pengajian rutin Rabu malam Kamis yang bertempat di Saung Ceria Gg. Damai RT 03/011 Jemblongan Depok, Rabu (26/09/2108) malam.

Hadir dalam pengajian tersebut, Usatd Muhtasor Jiddan, Al-Habib Hadi Assegaf, Ustad Kuncoro, Ustad Irfan, Ustad Rizki, Ustad Azis, Ustad Sahrul, Ketua RW 011, Ketua RT 03/011, jamaah kaum remaja, bapak dan ibu. Sedangkan tausyiah agama disampaikan Ustad Hasanuddin dari Tqpos dan Ustad Sholeh Basuki dari Pancoran Mas.

“Jadi paling mudah mengenali orang-orang munafik disekeliling kita, bisa juga diantara yang berkumpul malam ini ada diantaranya. Tapi saya berharap yang hadir malam ini adalah orang-orang yang selalu cinta pada pengajian,” ujarnya.

Kyai Zein menambahkan, cara praktis mendiagnose hati, masih sehat ataukah sudah ada bibit penyakit munafiknya…? Sebagian Ulama ahli sufi menggambarkan: ketika seseorang yang hatinya dipenuhi mahabbah dan keimanan yang memadahi ketika masuk masjid, dirinya laksana ikan masuk dalam kolam, ia akan merasa nyaman dan betah di dalamnya.

“Tapi hati yang dipenuhi penyakit munafik, ketika masuk kedalam masjid, dirinya seakan bagaikan burung masuk dalam sangkar…! Ia tidak akan merasa nyaman, yang ia rasakan adalah keterpaksaan dan ketersiksaan,” jelas Kyai Zein.

Kyai Zein menambahkan, adapun kiat prefentif mengobati mewabahnya penyakit munafik tersebut bisa ditempuh setidaknya dengan 3 cara: yang pertama kendalikan semaksimal mungkin hawa nafsu, Kedua perbanyak ilmu agama sekaligus berupaya mengaplikasikannya dengan ikhlas.
“Ketiga bergaullah dengan orang-orang yang ahli ibadah,” pungkasnya. (MFR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button