DAC Gelar Diklat Animasi Mempersiapkan Lapangan Kerja Baru

DEBAR.COM.-GROGOL, DEPOK- Industri animasi salah satu industri era masa depan yang bakal membuka lowongan atau kesempatan kerja bagi generasi muda sekarang ini. Era modern sekarang tentunya kehadiran industri animasi menjadi kegiatan yang diharapkan mampu memberikan kesempatan mereka yang memiliki potensi dalam bidang portofolio.

“Saya yakin keberadaan dan kehadiran industri animasi walaupun masih belum banyak yang berminat dikalangan generasi muda namun bagi sejumlah pemuda atau remaja di Indonesia menjadi pintu untuk mendapatkan sukses baik di dalam negeri maupun luar negeri,” kata Direktur PT A2C penyelenggara Depok Animation Center (DAC), H. Acep Al Azhari saat membuka DIKLAT Nasional 3 in 1 (Pelatihan-Sertifikasi-Penempatan Kerja): animation principles & basic character animation, di gedung A2C, Tower, Jl. Raya Grogol No.3 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok, Kamis (28/03/2019).

Dikatakan Acep, sekarang ini jamannya era modern hampir seluruh masyarakat tahu bahkan perkembangan teknologi terbaru di dunia sehingga apa pun kejadian,  informasi, berita, film dan lainnya dapat dilihat dengan cepat termasuk kehadiran industri animasi yang masih jarang peminat namun yang memainkan serta gemar dengan animasi jutaan orang.

Menurut dia, tentunya ini menjadi salah satu peluang membuka lapangan pekerjaan baru bagi anak anak, remaja dan generasi muda untuk memgeluti serta berkiprah di bidang animasi. Sudah banyak animasi buatan anak muda atau remaja Indonesia yang mendunia jadi wajar jika DAC Depok mengelar Diklat Nasional 3 in 1 (Pelatihan-Sertifikasi-Penempatan Kerja).

Kehadiran peserta diklat nasional dari Bali, Semarang, Bandung, Medan, Jakarta, Poltek UI dan alumni SMK Depok, selama satu bulan diharapkan dapat menularkan hasil diklat ke remaja, generasi muda dan lainnya.

ANIMASI SANGAT MENJANJIKAN

Sementara itu, I Made Artana, Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat Kementerian Perindustrian RI, Denpasar, Bali, mengatakan industri animasi ini merupakan salah satu kegiatan di era teknologi yang dapat membuka peluang kerja cukup banyak bahkan sangat diminati anak anak muda yang berasal dari bidang portofolio.

Hampir seluruh anak muda sekarang memiliki atau punya keinginan serta kemampuan dalam berbagai kegiatan portofolio. Diklat nasional three in one atau 3 – 1 animasi bersertifikat jelas sangat penting dan perlu ditingkatkan di era teknologi sekarang terlebih di Indonesia yang akan terus bersaing dengan negara lain.

“Hasil kerja industri animasi anak bangsa atau generasi Indonesia tidak kalah dengan negara lain bahkan boleh dikatakan kita dapat bersaing dengan hasil karya luar negeri,” tuturnya sambil menambahkan hasil industri animasi Indonesia sudah dapat disaksikan masyarakat Indonesia antara lain animasi pentualangan Si Unyil dan lainnya tentunya membuktikan hasil kerja industri animasi anak bangsa.

Diakuinya, target kegiatan diklat animasi ini tahun 2019 sekitar 2000 orang yang berasal dari seluruh kota dan propinsi di Indonesia. Tentunya mereka harus memiliki atau keinginan bidang portofolio termasuk harus diseleksi oleh mitra industri bidanh animasi tersebut.

Hal yang sama juga dikatakan, Rangga Yudo Owner Metologic, menambahkan tidak ada kata lain bahwa industri animasi di Indonesia terus menunjukan jati diri dan perlu terus digali potensi yang ada di kalangan remaja dan anak muda sekarang agar dapat bersaing dengan negara luar.

“Potensi yang dimiliki anak remaja sekarang sudah tidak diragukan lagi. Yang perlu dilakukan adalah menggali potensi semaksimal mungkin dengan rajin belajar dan mencari inovasi baru guna menambah pengetahuan serta ilmu animasi agar lebih berhasil dalam bidangnya,” pungkasnya. (AP/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button