Kampung KB Wujudkan Keluarga Kecil Berkualitas

DEBAR.COM.-SUKMAJAYA, DEPOK- Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sukmajaya Ferry Wirowo membuka kegiatan Kampung KB di Kelurahan Tirtajaya. Kegiatan tersebut dihadiri Sekel Tirtajaya Asih, Kader PKK, Ketua RW, Tokoh Masyarakat dan menghadirkan Narasumber dari BKKBN Kecamatan Sukmajaya Tuti Sulastri, Selasa (05/11/2019).

“Kegiatan Kampung KB bukan hanya tentang anak dan kontrasepsi saja atau tentang cukup dua anak saja. Tetapi lebih dari itu tentang kesejahteraan keluarga,” tutur Ferry.

Dikatakan Fery, usia pernikahan sangat berpengaruh terhadap perjalanan rumah tangga kedepannya. Idealnya untuk menikah wanita berusia 20 tahun dan pria berusia 25 tahun. Lebih lanjut dikatakan, pada usia tersebut mereka akan mampu menekan emosi jiwanya, perencanaan pernikahan usia dibawah 20 tahun akan berbeda ketika saat mengatasi masalah.

“Kecamatan Sukmajaya sudah ada Puspaga, yaitu Pusat Pembelajaran Keluarga. Kampung KB akan berhasil apa bila ada partisipasi dari warganya,” jelasnya.

Sementara Narasumber dari BKKBN Kecamatan Sukmajaya Tuti Sulastri memaparkan,  Kampung KB kedepannya akan menjadi ikon program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Prinsipnya Program KKBPK mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan,” paparnya. (FIR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button