Hari ke Empat MPLS, SMAN 9 Depok Berikan Materi Belajar Efektif dan Efisien

DEBAR.COM.-CINERE, DEPOK- Memasuki hari ke empat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), SMA Negeri 9 Depok memberikan beberapa materi kepada peserta didik baru, diantaranya Materi Pendidikan Pramuka, Belajar Efektif dan Efisien, dan Demo Ekskul, Kamis (21/07/2022).

Salah satu guru SMA Negeri 9 Depok, Rasyid Marasabessy, S.Pd  memberikan materi mengenai Pendidikan Kepramukaan, yakni proses pendidikan yang melengkapi pendidikan dilingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang di lakukan di alam terbuka dengan menerapkan prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Pendidikan Kepramukaan.

Rasyid juga mengatakan sifat pendidikan kepramukaan terbuka, universal, sukarela, patuh dan taat serta bukan organisasi berkekuatan social politik.

“Saka dalam kepramukaan dari Saka Bahari sampai Saka Wirakartika. Para siswa-siswi juga harus tahu Dasadarma Pramuka dan maknanya. Selain itu para siswa-siswi juga harus mengetahui pengetahuan mengenai arah mata angin dan denah peta,” kata Rasyid.

Sedangkan Maulina Istikomah, S.Pd memberikan materi mengenai Belajar Efektif dan Efisien. Informasi mengenai belajar yakni adalah proses perubahan dari tidak bisa menjadi bisa, tidak tahu menjadi tahu, diperolehnya pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap.

“Saya yakin para siswa-siswi SMANAVA mereka semuanya hebat. Dalam melakukan suatu hal apapun itu, untuk jangan memperdulikan orang lain tetap fokus pada diri sendiri,” ujarnya.

Dirinya juga memaparkan, bahwa belajar efektif adalah cara belajar yang teratur, tuntas, secara berkesinambungan dan produktif yakni menghasilkan pengetahuan dan keterampilan.

“Tujuannya adalah untuk mencapai belajar dengan baik. Selain itu kita perlu mengetahui gaya belajar seseorang cara belajar efektif dan efisien serta pengembangan sikap dan kebiasaan belajar baik,” paparnya.

Dipenghujung kegiatan terakhir MPLS pada hari ini, adalah demo ekskul. Mulai Tari saman, Tari Tradisional, Japanese Club, Paskibra, Rohis, PMR, Paduan Suara, English Club, dan terakhir Pramuka.(MFR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button