Sidik Mulyono: Bimtek Telah Menghasilkan Master Plan Smart City Kota Depok

DEBAR.COM.-DEPOK- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono yang turut menghadiri Evaluasi Masterplan Smart City Program Gerakan Maju Menuju 100 Smart City 2019 mendampingi Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna pada Selasa (05/11/2019) mengatakan, bahwa program GM 100SCI 2019 ini, Kota Depok telah melaksanakan 4 Bimtek Smart City yang dipandu oleh pembimbing dari Kemenkominfo dan melibatkan para stakeholder yg mewakili kota Depok dari mulai akademisi, bisnis, swasta, komunitas, pemerintah, dan media.

“Bimtek ini telah menghasilkan Master Plan Smart City Kota Depok untuk 5 tahun ke depan yang mencakup 6 elemen, yaitu Elemen Tata Kelola ( _smart governance_), Kehidupan ( _smart living_), Masyarakat ( _smart society_), Lingkungan ( _smart environment_), Ekonomi ( _smart economy_), dan Pencitraan ( _smart branding_),” tutur Sidik Mulyono, Rabu (06/11/2019).

Sidik mengatakan, dari seluruh masterplan, dipilih 3 Produk unggulan yang dijadikan sebagai _quick wins_, yaitu: Pertama, Depok Single Window (DSW) yang merupakan tampilan tunggal untuk seluruh layanan publik, dan terus dikembangkan. Kedua, Hai Depok, merupakan aplikasi reservasi bagi masyarakat yang akan memanfaatkan ruang publik yang dimiliki oleh Pemkot maupun Mitra Pemkot.

“Dan yang Ketiga, Depok Kota Sehat, yaitu peningkatan layanan kesehatan melalui pengintegrasian data kesehatan seluruh Kota Depok,” jelasnya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, Smart City di Indonesia perlu menunjukkan dan memunculkan ke khasan daerah yang menjadi daya tarik dan menawarkan kearifan lokal tiap daerah.

“Bukan sekedar mengikuti trend yang ada, tetapi kreativitas yang tepat dan dapat memberikan solusi yang sesuai dengan masalah yang dihadapi di daerah-daerah saat ini, sekaligus sebagai antisipasi di masa depan,” kata Pradi. (AR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button