WPA Kecamatan Panmas Gelar Tes HIV/Aids 74 Ibu Hamil di HAS 2020

DEBAR.COM.-PANCORAN MAS, DEPOK- Dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia (HAS) 2020 yang jatuh setiap tanggal 01 Desember, Warga Peduli Aids (WPA) Kecamatan Pancoran Mas bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Depok Jaya  mengadakan kegiatan tes HIV/Aids kepada 74 ibu hamil, Selasa (01/12/2020).

Ketua Warga Peduli Aids (WPA) Kecamatan Pancoran Mas Rosanah mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari HAS 2020 dengan mengadakan kegiatan pemeriksaan tes HIV/Aids bagi ibu hamil.

“Hasil pemeriksaan HIV akan diberikan petugas UPTD Puskesmas melalui telepon seluler langsung kepada puluhan ibu hamil tersebut. Jika ada yang terindikasi virus ini, pihaknya akan menindaklanjuti dengan berbagai metode pengobatan,” kata Rosanah.

Rosanah mengatakan, selain difasilitasi pemeriksaan kesehatan, para ibu hamil ini juga diberikan paket bingkisan berupa susu penambah nutrisi. Disamping itu, beberapa anak-anak yang orangtuanya sudah terpapar HIV/Aids juga mengikuti tes tersebut.

“Tahun ini memang kami upayakan agar ibu hamil bagian dari populasi kunci untuk dites HIV/Aids,” jelasnya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Depok Jaya, Euis Eka Kurniati mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus HIV/Aids. Sebab, ibu hamil yang terpapar virus ini berisiko tinggi menularkan kembali kepada calon bayi.

“Risiko penularan HIV/Aids pada bayi dapat diturunkan bila si ibu tidak segera mendapatkan pengobatan,” katanya kepada berita.depok.go.id, di sela kegiatan tersebut di Aula Kantor Kecamatan Panmas, Selasa (01/12/20).

Dijelaskannya, hampir seluruh UPTD Puskesmas di Kota Depok menyediakan pelayanan pemeriksaan tes HIV/Aids. Termasuk UPTD Puskesmas Depok Jaya.

“Di masa pandemi kami tetap jalankan pemeriksaan HIV/Aids untuk ibu hamil dan calon pengantin,” pungkasnya. (ADLLY/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button