SMA Negeri 6 Depok Bagikan 500 Nasi Boks ke Sopir Angkot, Ojol dan Warga Sekitar

DEBAR.COM.-CINERE, DEPOK- Sebanyak 500 nasi boks dibagi-bagikan ke pengendara dan penumpang angkot, ojol dan warga sekitar SMA Negeri 6 Depok. Kegiatan pembagian 500 nasi boks ini merupakan bagian dari kegiatan turut mensukseskan program Rajut Kebhinekaan Dalam Aksi Kebangsaan dengan menggelar program Sosialisasi Silih Tulungan yang berlangsung pada Selasa (28/08/2021) kemarin.

Kepala SMA Negeri 6 Depok, Abdul Fatah mengatakan, pembagian nasi boks merupakan rangkaian dari kegitan Sosialisasi Silih Tulungan yang tengah berlangsung. Sebanyak 500 nasi boks dibagikan ke para supir angkot dan penumpang, ojol yang tengah melintas dan warga sekitaran sekolah,” kata Abdul Fatah didampingi Humas SMAN 6 Depok.

Abdul Fatah mengatakan, kegiatan Sosialisasi Silih Tulungan sebagai momentum titik balik kebangkitan dan kemandirian melalui program pemulihan ekonomi serta membangun kembali kearifan lokal Silih Asus Silih Asih dan Silih Asah.

“Sosialisasi Silih Tulungan adalah praksis egalitarian, karena kata ‘Silih’ menyiratkan kesetaraan, dimana setiap manusia dikodratkan saling membutuhkan. Sejatinya pada setiap manusia melekat kebutuhan untuk menolong dan ditolong, memberi dan menerima pemberian. Maka Tuhan menganjurkan kewajiban habluminannas harus dijaga dan dirawat,” tuturnya.

Sedangkan Silih Tulungan yang didasari keikhlasan setara dengan Silih Doakeun (saling mendoakan) untuk kebaikan. Silih Tulungan adalah inti dari gotong-royong. Silih Tulungan harus melatari segala ihtiar (program kerja) untuk menanggulangi pandemi Covid-19 pada Tahap Penyelamatan, Tahap Pemulihan maupun pada Tahap Penormalan (adaptasi kebiasaan baru).

“Maksud dan tujuan diadakannya Sosialisasi Silih Tulungan ini memanfaatkan masa pandemi sebagai momentum titik balik kebangkitan dan kemandirian melalui program pemulihan ekonomi. Membangun kembali kearifan lokal Silih Asus Silih Asih dan Silih Asah menjadi salah satu metode gerakan sosial masyarakat dalam menghadapi pandemi,” tutupnya. (MFR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button