Keren! Yayasan Al-Kamilah Depok, Lidah Buaya Dijadikan Hand Sanitizer

DEBAR.COM.-BOJONGSARI, DEPOK-  Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlokasi di Yayasan Al-kamilah, Bojongsari, Kota Depok pada Minggu, 21 November 2021 lalu. Mengingat masih maraknya kasus Covid-19 di dua tahun belakangan ini, maka Mahasiswa Universitas Pamulang mengajak adik-adik di Yayasan Al-Kamilah sekaligus memberikan edukasi dan pengalaman baru dengan cara membuat hand sanitizer berbahan dasar lidah buaya untuk mencegah dan memutus mata rantai covid-19.

Kegiatan PKM ini juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Wiwik Hasbiyah AN, S.H.I., M.A dan didukung oleh Ketua Yayasan Al-Kamilah,  Ustad Badruddin S.Ag M.M selaku Ketua Yayasan Al-Kamilah dengan mengangkat tema ‘Pemanfaatan Lidah Buaya Menjadi Hand Sanitizer Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Yayasan Al-Kamilah’.

Kegiatan diawali dengan presentasi mengenai kegunaan hand sanitizer dan lidah buaya yang memiliki kandungan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, karena termasuk hand sanitizer alami. “Hal ini bertujuan agar adik-adik di Yayasan Al-Kamilah mengetahui betapa banyak manfaat menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar hand sanitizer yang bahan-bahannya bisa didapat disekitar lingkungan, bahkan dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari,” kata Dosen Pembimbing, Wiwik Hasbiyah.

Kegiatan selanjutnya mengajak anak-anak Yayasan Al- Kamilah untuk membuat hand sanitizer dari lidah buaya (aloe vera).

Berikut merupakan alat dan bahan serta cara untuk membuat Hand Sanitizer lidah buaya, bahan yang diperlukan yaitu: Lidah buaya, Alkohol 70% dan Jeruk nipis. Sedangkan alat yang digunakan yaitu: Gelas ukur, Corong/Saringan, Blender, Pisau, Mangkuk dan Botol spray.

Cara membuat hand sanitizer lidah buaya: Mengupas lidah buaya untuk diambil dagingnya lalu dipotong kecil-kecil. Selanjutnya diblender dan disaring untuk mendapatkan ekstraknya.

Kemudian siapkan alkohol 70% pada mangkuk atau wadah kecil. Selanjutnya, potong setengah jeruk nipis lalu memeras air jeruk nipis tersebut

Setelah semua siap masukkan bahan-bahan tersebut ke botol spray dengan menggunakan corong/saringan.

Setelah itu kocok botol sebelum hand sanitizer digunakan.

Setelah membuat hand sanitizer selesai kegiatan inipun di akhiri dengan makan bersama dengan anak-anak panti setelah sholat Dzuhur di Yayasan Al-Kamilah.

Salah satu mahasiswa Unpam mengatakan, pesan dari kami kepada adik-adik di Yayasan Al-Kamilah, kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Karena dapat memberikan nikmat kebahagiaan dan nikmat kebugaran di sepanjang hari.

“Untuk itu, dengan diadakannya kegiatan ini kami berharap adik-adik di Yayasan Al-Kamilah untuk selalu menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan, serta menerapkan 3M mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Kelompok PMKM menambahkan, untuk anak-anak yang berada di yayasan Al-Kamilah jangan pernah kita berkecil hati. Tetap semangat dan raih cita-cita setinggi-tingginya.

“Tidak ada yang tidak mungkin selama kalian berdoa dan berusaha, Insha Allah cita-cita rersebut pasti tercapai,” pungkasnya. (AR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button