Gawat! Dana Hibah Bawaslu Kota Depok Diduga Dipakai Untuk Hiburan Malam

DEBAR.COM.-DEPOK- Badan pengawas Pemilu Kota Depok pada tahun  2020 mendapatkan hibah dana  APBD kota Depok senilai 15 miliar. Uang yang diperuntukan untuk pengawasan pelaksanaan Pilkada Kota Depok  tersebut diduga ulah oknum Kepala Sekretariat Kota Depok digunakan untuk kepentingan pribadi dengan cara dicairkan dengan melawan prosedur keuangan dan juga oleh oknum bendahara diduga  dilakukan penarikan tunai senilai milyaran rupiah yang tidak sesuai juknis.

Tak tanggung-tanggung dana yang transfer oknum tersebut bernilai 1,1 miliar rupiah tanpa sepengetahuan jajaran Pimpinan Bawaslu Kota Depok  selanjutnya uang rakyat tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi  serta untuk kegiatan hiburan malam.

Kepala Seksi Intelijen, Andi Rio Rahmat didampingi alfa dera selaku Kasubsi ekonomi keuangan dan pengamanan pembangunan strategis, menanggapi hal tersebut mengatakan, benarctelqh resmi melakukan penangan.

“Ya benar kami telah resmi melakukan penanganan terkait dengan dugaan penyalahgunaan dana hibah Bawaslu kota Depok terkait dana hibah Bawaslu pemilihan walikota dan wakil walikota Depok tahun 2020 dan telah dilakukan pulbaket karena sebelumnya didapatkan informasi uang hibah diduga digunakan untuk kepentingan pribadi  serta untuk kegiatan hiburan malam ” kata Andi Rio Rahmat, Senin (05/09/2022).

Dikatakan Rio, seperti informasi yang beredar ada dana 1,1 miliar yang keluar dari rekening Bawaslu yang diduga digunakan untuk kepentingan pribadi dan sampai saat ini belum pernah kembali masuk dari rekening penerima ke rekening pemberi yakni rekening Bawaslu kota Depok .

“Bahwa dugaan penyalahgunaan keuangan negara tersebut bukanlah perbuatan dari Lembaga tetapi merupakan perbuatan oknum,” tegas Rio.

Dalam upaya pencegahan berbagai macam sinergi dan kolaborasi telah dilakukan pimpinan lembaga dalam rangka pencegahan penggunaan dana hibah tapi itu ulah oknum dan kami akan menindak tegas terkait dengan perbuatan tersebut

“Jangan sampai perbuatan oknum oknum menyelewengkan dana-dana untuk kepentingan demokrasi dapat merusak pesta demokrasi,” ucap Andi Rio yang sebelumnya bertugas selaku Lo kejaksaaan di DPR RI.

Dirinya menambahkan, melihat data  semakin banyaknya pola pemberian  dana hibah kami akan terus aktif melakukan sinergi dengan berbagai instansi untuk melakukan pencegahan pencegahan terkait dengan penggunaan dana hibah.

“Kami sampaikan dugaan penyalahgunaan hibah Bawaslu ini telah resmi ditindak lanjuti tim jaksa untuk informasi mohon teman-teman bersabar Tim sedang bekerja dan akan profesional melakukan penanganan,” pungkasnya.(AR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button