PDAM Tirta Asasta Kota Depok Terapkan Sistem GIS

DEBAR.COM.SUKMAJAYA, DEPOK- Perkembangan Era globalisasi yang pesat sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, terutama di bidang teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin canggih dan inovatif diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan manfaat positif bagi kehidupan.

Dalam perkembangan teknologi PDAM Tirta Asasta Kota Depok menyadari bahwa sangat perlu untuk membangun dan memanfaatkan teknologi program peta digital yang bergeoreferensi dengan sistem komputerisasi.

GIS atau Geographic information system atau system informasi gegografis merupakan suatu alat yang dapat di gunakan untuk mengelola (input, manajemen, dan output) data spesial atau data yang berferensi geografis.

“GIS dilakukan mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu ‘aset’ terbesar PDAM yang berpengaruh besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan Kinerja Perusahaan,” tutur Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Imas Dyah Pitaloka diruang kerjanya, Rabu (14/11/2018).

Dikatakan Imas, seluruh data-data jaringan manual di komputerisasi sehingga datanya aman, lebih di dayagunakan, cepat dan akurat dalam pemberian informasi, manfaat kehandalan GIS bagi PDAM diantaranya adalah : Pendataan dan pemetaan seluruh aset jaringan pipa dan acessories yang telah ada, shg memudahkan pengolahan secara akurat dan efisien. Memonitor dan mengevaluasi kondisi jaringan dimana data yg di hasilkan dapat membantu dalam penanganan kebocoran dan data tekanan aliran air. Perencanaan pemasangan jaringan pipa baru dan relokasi jaringan pipa. Pembuatan area dan Rute Baca Meter (RBM) serta penelusuran ilegal connection. Pendukung kegiatan operasional bagian lain, dimana data data yg ada di GIS dapat di koneksi dan diintegrasikan ke bagian bagian lain spt ke bag. pelayanan pelanggan, perencanaan, distribusi, litbang, SCADA dan lain lain. Executives Information System (EIS) untuk peningkatan pelayanan dan lain lain.

“PDAM Tirta Asasta Kota Depok dalam upaya memenuhi persyaratan program bantuan penekanan kehilangan air yang di selenggarakan oleh IUWASH Plus dimana PDAM harus memiliki digitasi jaringan 100 % dari wilayah pelayanan. Untuk itu PDAM Tirta Asasta mendorong Tim GIS untuk mencapai 100% digitasi. Untuk saat ini baru wilayah pelayanan timur yang telah selesai berhasil mencapai 100% dan di tahun 2019 rencana akan dilakukan di wilayah pelayanan barat,” jelasnya.

 

Ditambahkan Imas, selain mempermudah pemetaan sebaran pelanggan, GIS juga dapat membantu untuk mempermudah penyusunan rencana pengembangan jaringan PDAM ke depannya. PDAM yang lebih dahulu membangun GIS adalah PDAM Kota Malang untuk itu PDAM Tirta Asasta Kota Depok melakukan kunjungan kerja study banding ke PDAM Malang (5-7/11/2018) dimana kegiatan tersebut diikuti beberapa karyawan dr bagian terkait seperti dari bagian TI, Produksi, Distribusi, Pembangunan dan wilayah pelayanan.

“Diharapkan dengan adanya kunjungan kerja ini PDAM Tirta Asasta Kota Depok dapat bertukar informasi dan bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman khususnya tentang GIS,” tukasnya. (RTH/2R/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button