Situs Sejarah di Depok Perlu Sentuhan Pemerintah

DEBAR.COM.-BEJI, DEPOK- Usai pasca Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Majelis Taklim Balai Wartawan Kota Depok mulai melakukan kegiatan dengan diawali salah satu program rutin Wisata Religius ke Maqom Petilasan Situs Budaya Sumur 7 Beringin Kurung Depok Mbah Raden Wujud Beji, Kamis (04/05/2023) malam.

Ketua Majelis Taklim Balwan Kota Depok, Adie Rakasiwi mengatakan Program Wisata Religi merupakan sebuah bentuk kepedulian Majelis Taklim Balwan terhadap Kelestarian Situs Budaya dan Sejarah yang ada di Kota Depok.

“Wisata Religius ini merupakan salah satu program kami dalam turut serta melestarikan situs budaya dan sejarah yang ada di Kota Depok,” kata Adie Rakasiwi didampingi jajaran pengurus lainnya.

Dikatakannya, dalam melakukan ziarah ke Maqom dan Petilasan Mbah Raden Wujud Beji di Kp. Keramat Beji ini guna mendoakan arwah leluhur yang juga sebagai penyebar agama Islam dan sebagai salah seorang pendiri negeri ini.

Lebih lanjut dikatakan, dengan mengirimkan hadiah Surat Alfatehah kepada beliau dan kepada ahli kubur keluarga kita, dirinya berharap kegiatan Wisata Religi ini jangan sampai disalah artikan.

“Kita disini membacakan surat Alfatehah, Tahlil dan mendoakan para pendiri bangsa dan ahli kubur kita masing-masing dengan dipimpin oleh imam tawasul sebagai ungkapan rasa syukur kita. Pasalnya karena jasa beliau para leluhur pendiri bangsa kita tersebut kita semua bisa menikmati alam merdeka seperti saat ini,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap pada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) lebih dapat memperhatikan keberadaan Situs Sejarah yang ada di Kota Depok, dan mendapat sentuhan pemeliharaan bangunan dan sekitarnya, agar tetap terjaga kelestariannya.

“Pemerintah melalui Disporyata perlu turun tangan langsung melihat kondisi dan keberadaan situs-situs sejarah yang ada di Kota Depok. Apabila di rawat dan dijaga kelestariannya, tidak menutup kemungkinan Depok bisa menjadi Kota Wisata Religi,” ujarnya.

Sementara perwakilan juru kunci makam petilasan Mbah Raden Wujud, Beji Suryono menyampakan rasa terimakasih atas kepedulian yang telah diberikan oleh Majelis Taklim Balwan Kota Depok dengan membacakan doa ahli kubur dan tahlil kepada leluhur negeri ini.

“Jangan salah mengartikan ziarah ketempat ini, disini kita mendoakan ahli kubur leluhur dan ahli kubur keluarga masing-masing. Setiap perbuatan yang baik walau sebesar biji zarah pasti mendapatkan balasan kebaikkan,” pungkasnya. (AR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button