Bang SS: Optimalkan Peran Orang Tua Dalam Perlindungan Anak

DEBAR.COM.-DEPOK- Pentingnya peranan orang tua dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Karena orang tualah yang memberikan pengajaran, pendidikan untuk pertama kalinya. Orang tua yang memiliki tanggung jawab, kewajiban dan kuasa untuk membentuk anak di kemudian hari.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri saat membuka Seminar Keluarga yang dirangkai dengan peluncuran Sistem Informasi Konseling dan Edukasi (SIKONDE) di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Selasa (11/07/2023).

“Peran orang tua yang optimal merupakan hak anak yang telah diatur melalui Udang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Di dalamnya menyatakan bahwa seluruh warga negara harus ikut berperan serta dalam perlindungan anak,” kata Bang SS sapaan akrabnya.

Dikatakan Bang SS, untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga turut menfasilitasi dengan kegiatan seminar edukasi keluarga yang bertemakan Pengasuhan Anak dengan Keteladanan dan Cinta untuk para orang tua.

“Karena merekalah yang memberikan pengajaran, pendidikan untuk pertama kalinya. Orang tua yang memiliki tanggung jawab, kewajiban dan kuasa untuk membentuk anak di kemudian hari,” ujarnya

Dirinya mengungkap, pemerintah bertanggung jawab untuk menjamin hak penduduknya, termasuk anak-anak tanpa diskriminasi. Pemerintah wajib memberikan pelayanan pengaduan, rujukan, pendampingan dan bantuan hukum.

Hal itu pun telah dilakukan Pemkot Depok melalui berbagai kebijakan dan program guna memberikan perlindungan kepada anak. Meski terdapat berbagai tantangan dalam mengimplementasikannya. Lanjut dikatakan, meningkatnya jumlah kasus kekerasan terhadap anak ini juga disebabkan oleh perkembangan teknologi. Namun, tidak dapat kita pungkiri pola asuh menjadi bagian yang sangat penting dalam meningkatkan ketahanan keluarga dan menjadi salah satu faktor dalam menurunkan jumlah kasus kekerasan terhadap anak.

“Maka ajarkan dan selalu dampingi anak-anak kita dalam menjaga dirinya, mengajarkan anak-anak untuk selalu memanfaatkan dan menggunakan sosial media dengan baik. Tentunya kita sebagai orang tua harus memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (AR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button