Disdik Depok Gandeng Ormit Wujudkan Zero New Stunting

DEBAR.COM.-DEPOK- Upaya mewujudkan zero new stunting, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berkomitmen dengan menggandeng Organisasi Mitra (Ormit) untuk menjalankan berbagai program Disdik Depok miliki, khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Kami menggandeng Ormit di bawah naungan Disdik, juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mewujudkan zero new stunting. Program yang bisa dijalankan yaitu pemberian vitamin A, obat cacing, makanan bergizi dan lain sebagainya,” kata Sekretaris Disdik Kota Depok, Sutarno, Kamis (27/07/2023).

Dikatakan Sutarno, rencana tindak lanjut lainnya yaitu mengoptimalkan PAUD Holistik Integratif, bersinergi dengan lintas sektor seperti bunda PAUD, kelurahan, posyandu, puskesmas dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga). Selain itu mengoptimalkan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dan parenting serta pendampingan program Unit Kegiatan Sekolah (UKS) pada layanan PAUD.

“Kami juga akan melakukan pendampingan inklusi pada layanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Mudah-mudahan upaya kita bersama dan didukung mitra terkait, bisa mewujudkan zero new stunting dilingkup Disdik,” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) PAUD Disdik Depok, Desy Martini menambahkan, penguatan sosialisasi stunting perlu dilakukan di jenjang PAUD. Karena sasaran posyandu adalah 0-5 tahun, sedangkan usia PAUD di bawah enam tahun.

“Jadi sangat beririsan, dimana usia PAUD itu di bawah enam tahun. Kami tidak bisa bekerja sendiri, harus melibatkan lintas sektor. Saat ini terdapat 1.200 lembaga PAUD, mudah-mudahan melalui program di Disdik bisa men-zero kan stunting di Kota Depok,” pungkasnya.(AR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button