PDAM Kota Depok Terapkan GIS

DEBAR.COM.-DEPOK- Arus globalisasi yang pesat sangat berpengaruh bagi berbagai bidang kehidupan, khususnya di bidang teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin canggih dan inovatif diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan memberikan manfaat positif bagi kehidupan.

Dalam perkembangannya kemajuan teknologi tersebut juga disadari manfaatnya oleh PDAM Tirta Asasta Kota Depok yang mulai menerapkan GIS untuk jaringan perpipaan. Program digitasi jaringan pipa yang dituangkan kedalam GIS itu sendiri telah dimulai sejak awal tahun 2018 dengan berkunjungnya tim ke beberapa pemukiman terdaftar pelanggan layanan Air Bersih PDAM Tirta Asasta.

“GIS atau Geographic Information System atau system informasi geografis. GIS merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengelola (input, manajemen, dan output) data spesial atau data yang bereferensi geografis,” ujar Humas Supervisor Komunikasi dan Layanan Pelanggan PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Ratih Ditta, Rabu (31/10/2018).

Ratih mengatakan, dalam upaya memenuhi persyaratan Program Bantuan Penekanan Kehilangan Air (NRW) yang diselenggarakan oleh IUWASH Plus dimana yang menjadi salah satu syaratnya adalah Digitasi Jaringan yang mencapai 100% dari wilayah pelayanan, PDAM Tirta Asasta Kota  Depok mendorong tim GIS untuk mencapai 100% Digitasi Jaringan di awal tahun 2019.

“Dorongan positif tersebut benar membuahkan hasil, tercatat pada bulan September 2018 tim GIS telah berhasil mencapai 100% digitasi jaringan pipa pada Wilayah Pelayanan Timur yang manfaatnya telah dirasakan oleh para penggunanya. Selain mempermudah pemetaan sebaran pelanggan, GIS juga berfungsi untuk mengetahui posisi water meter induk serta mempermudah penyusunan rencana pengembangan jaringan PDAM kedepannya,” pungkasnya. (RATIH/2R/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button