Pelestarian Budaya Daerah Harus Dimulai Sejak Dini

DEPOK.COM.-DEPOK- Sebanyak 34 peserta lomba tari tingkat SMPN dan Swasta berlaga pada acara Pelestarian Seni Dan Budaya Daerah Kota Depok Lomba Tari Goyang Ngamprok Tingkat Kota Depok Tahun 2019 dan akan dilakasnakan secara rutin Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok tiap tahunnya.

“Dengan adanya lomba tari Goyang Ngamprok ini sesuatu yang luar biasa. Apalagi, ini pesertanya anak Milenial yang pernah dengan seni dan budaya asli Depok. Bukan rahasia lagi, kecanduan gadget dan penggunaan internet adalah fenomena anak saat ini,”ujar Bunda Elly Farida seusai membuka acara, Kamis (24/10/2019)

Dikatakan Bunda Elly, dengan membawakan tari Goyang Ngamprok merupakan bagian melestarikan budaya Depok. Selain suguhan seni dan budaya, menurutnya dalam menari juga sebagai ajang pembentukan karakter, jati diri, berkreasi dan berprestasi.

“Saat menari akan tumbuh percaya diri dan mencintai seni. Apalagi, anak kecanduan gadjet harus diberi alternatif dan ini adalah salah satunya,”paparnya.

Dirinya menambahkan, tari Goyang Ngamprok harus disosialisasikan pada masyarakat dan dipatenkan keberadaannya. Sehingga, memunculkan pelaku seni dan tarinya sudah diakui atau dipatenkan. Ia menambahkan, Hasanah seni dan budaya asli Kota Depok harus dilestarikan. Terlebih lagi, lanjutnya, dalam menjaga persatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan keutuhan NKRI.

“Dengan adanya taman kota bisa dijadikan sebagaiĀ  tempat untuk penampilan kreasi dan penampilan tari. Ini juga bagaian dari menuju Kota Layak Anak,” pungkasnya. (ADLLY/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button