PT Petamburan Tidak Merealisasikan Janjinya Pada Pedagang Pasar Kemiri Muka

DEPOKPEMBAHARUAN.COM.-DEPOK- Terkait rencana eksekusi Pasar Kemiri Muka Beji pada 19 April 2018 membuat pedagang merasa geram. Para pedagang pun siap pasang badan untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi. Bukan hanya itu, para pedagang siap melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri Depok.

Mantan Anggota DPRD Kota Depok, Muttaqin Syafi turut menyikapi perihal polemik Pasar Kemiri Muka yang mengatakan, PT Petamburan Jaya meski menang melawan Pemda di Pengadikan, namun HGB Petamburan sudah habis tanggal 4 Oktober 2008. Dengan habisnya HGB tersebut, PT Petamburan Jaya tidak punya hak atas tanah Pasar Kemiri Muka,  Sampai PT Petambur Jaya dapat HGB baru.

“Status tanah tersebut milik negara. jadi tidak mungkin pengadilan mengeksekusi tanah negara. Prinsipnya HGB bisa diperpanjang jika kewajiban PJR dipenuhi pada saat memanfaatkan HGB. Kenyataannya HGB tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” ujar Muttaqin.

Mutaqqin mempertanyakan, apa sih rencana PT Petaburan Jaya dulu, dan bagaimana realisasinya. Kenapa para pedagang pada tidak bayar.

“Banyak yang tidak terealisasi oleh PT Petamburan Jaya, seperti jalan masuk ke Pasar Kemiri yang harusnya 2 cuma 1. Bangunan kios yang tidak selesai padahal pedagang sudah kredit. Pedagang pada gak mau bayar karena kios gak sesuai spesifikasi,” tuturnya.

Muttaqin menambahkan, PT Petamburan Jaya pada kenyataannya tidak mengelola Pasar Kemiri, malah pedagang sendiri yang mengelola. Awal PT Petamburan Jaya minta izin membangun pasar tradisional tapi tidak menuntaskannya sesuai rencana hingga masa HGB habis

“Informasi yang saya dapat dari pedagang, PT Petamburan sudah Wan prestasi dalam membangun pasar kemiri muka, jadi gak layak diperpanjang HGB nya,” tukasnya.

Muttaqin memberikan apresiasi dan salut terhadap Wali Kota Depok, KH. Mohammad Idris yang siap pasang badan untuk membela para pedagang Pasar Kemiri Muka, dengan mengatakan bahwa pihaknya telah melayangkan surat ke Pengadilan Negeri untuk menunda eksekusi Pasar Kemiri Muka.

“Gue demen neh punya Wali Kota yang berpihak pada warganya,” pungkasnya.(AR/Debar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button